KRL Tanah Abang dan Parung Panjang Dilempari Batu, 3 Penumpang Terluka

• Wednesday, 19 Feb 2020 - 12:57 WIB
KRL (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kereta Rel Listrik (KRL) tujuan Stasiun Parung Panjang maupun yang sedang mengarah ke Stasiun Tanah Abang dilempar batu pada Selasa 18 Februari 2020 malam di lintas antara Stasiun Kebayoran – Stasiun Palmerah. Dua rangkaian kereta terkena lemparan pada waktu yang berdekatan.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan, pelemparan pertama terjadi pada pukul 22.50 terhadap KRL KA 2108 tujuan Stasiun Parung Panjang. Disusul pada pukul 22.54 terhadap KRL KA 2111 tujuan Stasiun Tanah Abang.

Akibat kejadian ini, tiga pengguna KRL terluka ringan. Ketiganya sudah mendapat penanganan di pos kesehatan stasiun.

"Para pengguna yang luka merupakan akibat nyata dari perilaku vandalisme terhadap kereta," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (19/2/2020).

Usai peristiwa tersebut, kata Ane, petugas langsung melakukan penyisiran dan sosialisasi kepada warga sekitar mengenai bahaya pelemparan terhadap kereta. Perbuatan para pelaku bertentangan dengan Undang-Undang 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Pasal 170 Ayat (1) dengan ancaman pidana lima tahun enam bulan.

"Sepanjang 2019 lalu PT KCI mengunjungi 30 sekolah dan 20 musala, masjid, maupun panti asuhan yang berlokasi di dekat jalur rel untuk mengajak para siswa dan warga sama-sama menjaga keamanan dan keselamatan KRL beserta para penggunanya. Kegiatan ini juga terus berlanjut di tahun 2020 ini," ujarnya.

(Ari)

( Sumber : Okezone.com )