Hari Ini, DPRD Akan Mengesahkan Tatib dan Membentuk Panlih Wagub DKI

• Wednesday, 19 Feb 2020 - 09:41 WIB
Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyatakan pihaknya akan menggelar rapat paripurna pengesahan tata tertib (Tatib) pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta pada hari ini, Rabu (19/2/2020).

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pembentukan panitian pemilihan (Panlih) calon pengganti Sandiaga Uno.

"Besok (hari ini) kita rapat paripurna untuk mengesahkan tatib dan menentukan panlih," kata Prasetyo kepada wartawan, Selasa 18 Februari 2020.

Selama dua hari berturut-turut sejak Senin 17 Februari 2020, DPRD DKI Jakarta melaksanakan rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk membahas pemilihan wagub DKI. Akhirnya, diputuskan bahwa pemilihan kursi DKI-2 dilakukan secara tertutup.

"Jadi kita membentuk panitia pemilih, kemudian voting dilaksanakan tertutup," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, M. Taufik menjelaskan, jumlah panlih itu terdiri dari 9 anggota DPRD. Kata dia, mereka itu merupakan perwakilan setiap fraksi yang ada di parlemen Kebon Sirih.

"Dari fraksi-fraksi untuk mengutus satu orang menjadi anggota panlih, jadi total berjumlah 9, per fraksi satu orang," kata dia.

Sejauh ini, DPRD DKI Jakarta telah memegang dua nama kandidiat cawagub DKI. Dua nama itu ialah Ahmad Riza Patria yang diusung dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis yang diajukan PKS.

Keduanya juga telah disetujui Gubernur Anies Baswedan dengan surat rekomendasi pemilihan yang telah dikirimkan ke DPRD DKI Jakarta di akhir Januari 2020 lalu. (kha)

(Sumber : Okezone.com)