Naikkan Wisatawan, Jokowi Akan Beri Diskon 30% di Sektor Pariwisata

• Monday, 17 Feb 2020 - 18:00 WIB

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terus berupaya mendongkrak sektor pariwisata menyusul dampak virus corona yang berpengaruh pada sektor ini.

Salah satu upaya yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintah adalah pemberian diskon atau insentif, baik untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. "Diskon atau insentif bagi wisatawan yaitu 30% dari tarif riil. Tapi nanti kita putuskan, ini belum diputuskan,” katanya saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (17/2/2020).

Dia mengatakan kemungkinan pemberian diskon tersebut selama tiga bulan untuk destinasi-destinasi tertentu. Bahkan dia sempat menyebut dikson juga diberikan kepada biro travel.

"Untuk destinasi wisata ke mana, termasuk di dalamnya juga diskon untuk wisatawan domestik yang bisa nanti kita berikan juga minus 30%. Dan mungkin bisa saja untuk travel bironya diberi diskon yang lebih misalnya 50%. Sehingga betul-betul menggairahkan dunia wisata kita karena memang sekarang baru ada masalah karena virus corona,” ungkapnya.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan terkait diskon apa saja yang diberikan masih beelum diputuskan. Dia mengatakan hal ini masih dibahas di internal pemerintah. “Belum putus. Ya belum diputuskan, lagi dibahas. Ya itu Bu Menkeu yang bisa ngomong. Saya kan support aja,” ungkapnya.

Ditanyakan apakah diskon tidak mengganggu pasar, Budi Karya mengatakan hal ini masih terus dibahas. Menurutnya Menteri Keuangan (Menkeu) melakukan perhitungan. “Ya ini sedang mau dibahas. Belum selesai dibahas. Bu Menkeu masih hitung-hitung,” ucapnya.

(cip)

Sumber: Sindonews.com