Komisi C DPRD DKI Dukung Penggunaan Jakcard Bisa Buat Bayar Tol

Muslim • Wednesday, 5 Feb 2020 - 12:54 WIB

Jakarta - Komisi C DPRD DKI Jakarta mendukung langkah yang diusung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank DKI yang menerapkan sistem pembayaran jalan tol menggunakan Jakcard

Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta, Rasyidi mengatakan, pihaknya mendukung terobosan tersebut sebab inovasi ini memberikan kemudahan terhadap warga Jakarta pengguna jalan bebas hambatan.

“Target tersebut merupakan suatu keharusan yang mesti diterapkan oleh Bank DKI sebagai sebuah inovasi untuk memberikan kemudahan, khususnya bagi para nasabah,” kata Rasyidi kepada wartawan Rabu (5/2/2020).

Lagipula kata Rasyidi, saat ini pembayaran non tunai sudah berubah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Untuk itu pihaknya mendorong agar penggunaan Jakcard bisa dikembangkan lebih jauh.

“Saya pikir rencana ini bagus sekali. Terlebih, memang saat ini untuk transaksi tol lebih menggunakan non tunai," tandasnya.

Bank DKI menargetkan produk uang elektronik berbasis kartu, JakCard dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol pada tahun 2020, menyusul keberhasilan penggunaan kartu tersebut sebagai akses pembayaran transportasi massal di Jakarta, seperti Transjakarta termasuk Mikro Trans, MRT, LRT dan Kereta Bandar atau Railink.

“Target penggunaan JakCard untuk pembayaran akses Tol diharapkan nantinya semakin mempermudah masyarakat menggunakan Jakcard sebagai akses one stop shopping,” Kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini.

PT Bank DKI memastikan produk uang elektronik JakCard sudah dapat digunakan di sejumlah area wisata. Terbaru, JakCard dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran di Taman Impian Jaya Ancol khususnya pada Pintu Gerbang Utama (PGU) serta wahana Seaworld, Dufan, Atlantis dan Gelanggang Samudera.

Saat ini JakCard juga sudah dapat dipergunakan di Taman Margasatwa Ragunan dan Monumen Nasional serta Kawasan wisata Kota Tua. Untuk Taman Margasatwa Ragunan, JakCard Bank DKI dapat dipergunakan untuk pembayaran tiket masuk TMR, Children Zoo dan Pusat Primata Schmutzer. Sementara itu, di kawasan wisata Kota Tua, JakCard juga dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran tiket masuk di Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik serta Magic Art 3D Museum. (Faz)