Kerjasama BCA - Modalku Perkuat UMKM

mar • Thursday, 30 Jan 2020 - 12:56 WIB

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen mendukung sektor UMKM, sebagai salah satu motor perekonomian Indonesia. BCA bekerja sama dengan peer-to-peer lending fintech Indonesia, Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Grup).

Modalku menghubungkan UMKM berpotensi dengan pemberi pinjaman modal usaha tanpa jaminan, hingga Rp 2 miliar per peminjaman, yang didanai pemberi pinjaman platform melalui pasar digital. Sejak Desember 2019, BCA telah menjadi salah satu institusi pemberi pinjaman, atau sumber dana, kepada UMKM di Modalku.

BCA menjalin kerjasama penerusan pinjaman kepada UMKM melalui Modalku, sehingga dapat memberi kemudahan akses pinjaman kepada berbagai pelaku UMKM, yang belum terjangkau dan layak mendapat kesempatan berkembang. 

EVP Commercial Business & SME BCA Liston Nainggolan menyatakan, kerja sama dengan Modalku merupakan langkah strategis. Industri perbankan tidak menutup mata dengan kehadiran fintech, yang turut mendorong perekonomian inklusif, khususnya bagi perkembangan UMKM di Indonesia.

"Kami mencermati, BCA dan Modalku berada pada interface teknologi yang sama. Oleh karena itu, BCA mendukung pembiayaan debitur UMKM Modalku sehingga mampu untuk terus bertumbuh secara mandiri," kata Liston dalam pernyataan tertulis, Rabu (29/1/2020).

Menurut Liston, kolaborasi BCA dengan Modalku diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi pemberdayaan masyarakat Indonesia dari sektor UMKM, dalam menghasilkan produk-produk unggulan berkualitas daya saing tinggi.

Sementara bagi pengelola Modalku, kerjasama ini merupakan terobosan luar biasa memasuki 2020. Co-founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, "Sebuah kehormatan bagi Modalku bisa bekerja sama dengan BCA, sebagai salah satu institusi perbankan terkemuka di Indonesia. Melalui visi sejalan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, hal ini menjadi kesempatan yang tepat bagi Modalku untuk menjangkau lebih banyak UMKM. Semakin tinggi inklusi keuangan serta UMKM yang memperoleh akses terhadap layanan dan jasa finansial, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat."

Dalam perayaan HUT ke-4 Modalku di Jakarta, Co-founder & COO Modalku Iwan Kurniawan memandang kerjasama dengan bank ini sebagai pengakuan dan pembuktian bagi risk model serta platform perusahaannya, yang terpercaya.

"Rencana bekerja sama sudah dibahas sejak dua tahun lalu. Kami perlu waktu untuk lebih kenal dengan berbagai level, sampai mereka merasa sudah oke dengan prosesnya, stakeholder dikelola, barulah kita mulai," cerita Iwan.

Menurutnya, tak mudah memulai kerjasama dengan perusahaan besar, yang memiliki rekam jejak panjang di UMKM. "Mereka punya standar yang lumayan tinggi untuk bekerja sama dengan fintech, maka perlu waktu lama, tetapi hasilnya sekarang sudah ada pinjaman di Modalku yang didanai BCA," tutur Iwan, yang berharap terobosan ini dapat mendukung UMKM Indonesia.

(*)