Inilah Juara The 3rd Shinkenjuku Math Championship

• Sunday, 26 Jan 2020 - 22:01 WIB
Manajemen Advisor Shinkenjuku, Takeshi Yamamoto berfoto dengan Juara Kategori kelas 4 The 3rd Shinkenjuku Math Championship di di Shinkenjuku Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Minggu (26/01)

JAKARTA – Hari ini, Minggu (21/01) Lembaga bimbingan belajar (bimbel) khusus matematika Shinkenjuku menggelar babak final kejuaraan matematika tingkat nasional ketiga (The 3rd Shinkenjuku Math Championship). Event yang digelar di Shinkenjuku Pondok Kelapa, Jakarta Timur mempertemukan juara masing-masing kantor cabang.

Ketua Panitia Kejuaraan Matematika Shinkenjuku, Basir Jovan mengatakan, para juara The 3rd Shinkenjuku Math Championship, akan mendapatkan sejumlah hadiah diantarannya trophy piala, plakat, sertifikat hingga bingkisan.

“Sebagai bentuk apresiasi akan diberikan hadiah berupa piala, plakat, sertifikat dan bingkisan bagi sang juara disetiap kelas,” kata Basir Jovan.

Ia menjelaskan, Shinkenjuku tak sekedar menyajikan materi-materi yang menantang. Melalui kompetisi matematika tingkat nasional tersebut, Shinkenjuku juga berupaya mengasah dan mengukur ketrampilan berpikir tingkat tinggi anak-anak Shinkenjuku.

“Kejuaraan kompetisi matematika Shinkenjuku yang digelar 18 dan 26 Januari 2020 terdiri dari babak penyisihan yang diikuti oleh para member di setiap outlet Shinkenjuku dan babak final yang diiikuti peserta yang berhasil menjadi peringkat teratas di 6 outlet Shinkenjuku di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, setelah babak final ini, pihaknya akan mengakumulasikan nilai tertinggi peserta sejak dibabak penyisihan hingga final, untuk menjadi juara nasional. Hal tersebut menurutnya, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa Shinkenjuku.

“Kami selanjutnya akan mencari peserta terbaik, sejak penyisihan hingga final untuk menjadi juara nasional,” tegas Basir Jovan.

Sementara itu ditempat yang sama, Manajemen Advisor Shinkenjuku, Takeshi Yamamoto mengatakan, untuk mempelajari matematika, hal terpenting adalah anak dapat memahami konsepnya. Karena dengan memahami konsep, anak akan mudah menemukan jawaban bahkan dengan lebih dari satu cara.

“Sangat penting bagi anak-anak dan orang tua untuk mencintai matematika, khususnya soal-soal tentang cerita,” katanya.

Sebelumnya, dalam rangka mengasah ketrampilan berhitung siswa Indonesia, lembaga bimbingan belajar (Bimbel) khusus matematika Shinkenjuku gelar kejuaraan matematika tingkat nasional ketiga (The 3rd Shinkenjuku Math Championship).  Kejuaraan kompetisi matematika Shinkenjuku yang digelar 18 dan 26 Januari 2020. Kejuaraan tersebut menjadi bentuk dukungan terhadap kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terkait pengenalan soal yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada ujian nasional.

Berikut para juara babak final The 3rd Shinkenjuku Math Championship:

Kelas 1: Juara 1. M Rafa Alghifari, Juara 2. Raffa Pradipta P.S, Juara 3. Damara Lulu Mardhiyah

Kelas 2: 1. Farzan Radhin Agam, 2. Antonio frederick S, 3. Rachel Audrey

Kelas 3: 1. Aldan Azzahwan,2. Chayyara Alima, 3. Richard Novan Bijaksana

Kelas 4: 1. Daffa Fathi, 2. Nararya Pilar M, 3. Azura Priyanka S

Kelas 5: 1. Rafli Irfan Faqih, 2. Giovanno K.P.S, 3. Henoch Matthew M Sidabutar

Kelas 6: 1. Anas, 2. Kevin Brian Iskandar, 3. Sabrina Asfa Az-zahra. (ANP)