Perangi Kartel Industri Penerbangan, Dirut Baru Garuda Siap Kolaborasi

• Thursday, 23 Jan 2020 - 13:24 WIB
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang baru Irfan Setiaputra menekankan, komitmen untuk memberantas kartel dalam industri penerbangan Indonesia. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang baru Irfan Setiaputra menekankan, komitmen untuk memberantas kartel dalam industri penerbangan Indonesia. Lebih lanjut Ia menyatakan, bahwa Garuda siap berkolaborasi dengan maskapai lokal tanpa menciptakan kartel.

"Saya kan enggak ajarkan orang berantem. Saya hanya menawarkan serta mempromosikan jasa dan pelayanan maskapai Garuda Indonesia. Ini merupakan kompetisi yang sehat kan. Saya bukan orang yang setuju dengan adanya kartel," ujar Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, bekerjasama dengan jasa penerbangan itu tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan pihaknya ingin berkompetisi dengan sehat. Ia khawatir, akibat kompetisi yang begitu ketat timbulnya komoditisasi di jasa penerbangan.

"Jadi rasanya engga perlu terutama dengan maskapai lokal menurut saya perlu berkompetisi dan berkolaborasi. Saya tidak terlalu setuju dengan adanya kartel. Hubungan dengan maskapai lain ini kita berkompetisi saja, tapi kemudian di banyak sisi mestinya kita bisa kerja sama," paparnya.

Sebelumnya, Irfan mengatakan telah mendapatkan amanah dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk membereskan masalah yang ada di Garuda Indonesia. Salah satunya meningkatkan keselamatan dalam penerbangan.

"Pertama intinya adalah yang enggak beres diberesin, yang sudah bagus dilanjutkan. Banyak tekanan dari stakeholder seperti safety, itu yang kita utamakan karena Garuda Indonesia dalah perusahaan yang baik," katanya.

 

(akr)

(Sumber : Sindonews.com)