Antisipasi Virus Korona, Bandara Kualanamu Aktifkan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

• Monday, 20 Jan 2020 - 15:29 WIB
(Foto: iNews/Amiruddin)

DELISERDANG – Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara meningkatkan pengawasan terhadap penumpang kedatangan internasional. Hal ini sebagai respons mengantisipasi masuknya virus korona.

Pantauan iNews, pada terminal kedatangan luar negeri, ditempatkan petugas yang memeriksa setiap penumpang menggunakan alat pemindai untuk pengukur suhu tubuh atau thermal scanner. Alat ini diaktifkan sebagai langkah antisipasi.

Koordinator KKP Kelas I Bandara Kualanamu M Sofyan Hendri mengatakan, semenjak ada isu penyebaran virus korona, pihaknya mendapat arahan dari pimpinan dan edaran dari Dirjen untuk meningkatkan pengawasan.

“Memang tidak ada penerbangan langsung dari China ke Kualanamu, namun bisa saja penumpang yang datang dari Malaysia,” ujar Sofyan, Senin (20/1/2020).

Menurutnya kasus pneumonia akibat virus korona memang belum ditemukan di Indonesia. Kendati demikian, pengawasan dijalankan sesuai arahan pimpinan. Setiap penumpang yang tiba dari luar negeri melalui Bandara Kualanamu, secara otomatis akan dimonitor kondisi suhu tubuhnya. Bila melebihi 30 derajat celcius, maka secara otomatis alat thermal scanner akan mengeluarkan bunyi.

“Jika meningkat suhu tubuh kami akan bawa ke ruang pemeriksaan kemudian rujuk ke rumah sakit. Kami juga akan laporkan. Namun alhamdulilah, di kita Indonesia, belum ada satu pun kasus ini,” katanya.

 

Editor : Donald Karouw

(Sumber : iNews.id)