2021, Toyota Bangun Kota Masa Depan di Kaki Gunung Fuji Jepang

• Wednesday, 8 Jan 2020 - 12:59 WIB
Gambaran kota masa depan Toyota di kaki Gunung Fuji. (Foto: CNBC)

 

TOKYO - Perusahaan raksasa otomotif asal JepangToyota mengungkapkan rencana membangun prototip kota masa depan seluas 70 hektare di kaki Gunung Fuji, Jepang. Kota tersebut bakal digunakan untuk menguji coba teknologi-teknologi terbaru yang dibuat Toyota.

Dilansir CNBC, Rabu (8/1/2020), Presiden Toyota Akio Toyoda menggambarkan kota tersebut sebagai "laboratorium hidup" yang di dalamnya ada ribuan penduduk yang akan mengetes mobil otonom, robot, personal mobility, rumah pintar, dan arfiticial intelligence (AI) di lingkungan dunia nyata.

"Bayangkan ada tempat yang bisa dikontrol secara penuh yang memungkinkan peneliti, teknisi, dan ilmuwan secara bebas menguji coba teknologi. Ini akan menjadi kesempatan yang benar-benar unik untuk menciptakan komunitas dari awal," kata Toyoda.

Toyoda mengatakan, kota ini rencananya akan mulai dibangun pada 2021. Meski begitu, belum diketahui kapan akan selesai dan biaya pembangunannya.

Perusahaan memperkirakan bakal ada 2.000 orang yang menempati kota tersebut dan bisa dikunjungi oleh banyak orang.

"Saya bisa bilang ini adalah impian pribadi saya. Anda tahu, kalau Anda membangunnya, orang-orang akan datang," ucap dia.

Selain berteknologi tinggi, kota ini ramah lingkungan. Bangunan sebagian besar akan dibangun dari kayu sehingga mengurangi jejak karbon di samping adanya kendaraan otonom bebas emisi dan listrik bertenaga surya dan hidrogen.

Kehidupan penduduk, kata Toyoda, akan didukung oleh berbagai perangkat teknologi, termasuk robot yang siap melayani kebutuhan sehari-hari.

"Saya sangat percaya proyek ini akan menguntungkan semua orang. Bukan hanya Toyota," ucap Toyoda.

Kota ini rencananya didesain oleh arsitek kenamaan Denmark, Bjarke Ingels yang telah membangun sejumlah proyek seperti kantor pusat baru Google, World Trade Center (WTC) 2 New York, dan bangunan futuristik lainnya seperti kota simulasi Mars Dubai.

 

Editor : Rahmat Fiansyah

(Sumber : Inews.id)