KPU Kota Surabaya Proaktif Libatkan Media Dalam Tahapan Pilkada

• Thursday, 19 Dec 2019 - 17:14 WIB

Surabaya - KPU Surabaya menilai penting peran media dalam mensosialisasikan tahapan pilkada yang akan berlangsung tahun depan. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi dalam acara Media Gathering Tahapan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2020.

"Peran media sangat penting. Kami perlu melibatkan media dalam proses ini sejak awal. Media sangat strategis dalam pelaksanaan pilkada. Sukses dan tidaknya pilkada ada peran media di sana," ujar Nur Syamsi.

Ketua KPU Kota Surabaya dua periode ini menilai, berbagai kebijakan yang  dikeluarkan KPU pusat dan kemudian dibreakdown ke bawah akan menjadi sia-sia jika tidak ada keterlibatan media. Karenanya KPU Surabaya akan selalu menggandeng media dalam berbagai tahapan, termasuk pencalonan yang dinilai sebagai tahapan yang krusial.

"Ditiap tahapan peran media harus ada, agar seluruh kebijakan KPU bisa diterima oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang akan mendaftar sebagai bacalon," ujar Nur Syamsi

Sementara itu Insan Qoriawan anggota KPU Provinsi Jawa Timur menambahkan bahwa KPU Provinsi Jawa Timur sangat mendukung langkah KPU Kabupaten dan Kota di Jawa Timur melibatkan media dalam persiapan pilkada serentak di Jatim tahun 2020. Peran media diharapkan bisa maksimal sehingga partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya akan meningkat.

"Media ini sangat penting. Banyak hal yang akan bisa disinergikan antara Media dan KPU sehingga saat pelaksanaan dan berbagai tahapan hingga proses pemungutan suara bisa berlangsung dengan lancar. Dan yang penting pilkada bisa jurdil dan terhindar dari berbagai isu hoax yang bisa merusak iklim demokrasi " ujar Insan Qoriawan.

Media Gathering oleh KPU Kota Surabaya rencananya akan digelar tiap tahapan. Seperti saat ini media gathering diarahkan untuk pencalonan perseorangan. Hal ini dilakukan agar masyarakat paham terkait calon independen atau perseorangan. Di Surabaya saat ini ada 4 pasang independen yang telah muncul dan siap bersaing dengan calon calon yang diusung oleh parpol. (Hermawan)