Indahnya Pantai Kukup Gunungkidul, Unik Ada Gua Karang Mirip Tanah Lot di Bali

Vien Dimyati • Wednesday, 18 Dec 2019 - 12:08 WIB
Keindahan Pantai Kukup Gunungkidul (Foto : Instagram)

JAKARTA - Ada banyak objek wisata menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung. Pantai, bangunan candi bersejarah, hingga kuliner, memiliki keunikan tersendiri.

Ketika Anda memilih Yogyakarta sebagai tujuan destinasi, tidak ada salahnya menjelajahi berbagai pantai yang eksotis. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Kukup Wonosari.

Kukup merupakan deretan pantai di Kabupaten Gunungkidul. Walaupun memiliki pasir putih yang didominasi dengan butiran pecahan batuan gamping, pasir ini sangat halus dan indah. Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul.

"Pantai Kukup menyuguhkan hamparan pasir putih yang luas dan merupakan salah satu pantai terpopuler di Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai ini juga memiliki gugusan terumbu karang yang berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Keberadaannya melindungi pantai dari hempasan ombak laut selatan yang ganas. Pemandangan di Pantai Kukup hampir mirip seperti di Tanah Lot Bali. Di sisi timur pantai, terdapat pulau karang bernama Pulau Jumino yang didalamnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keelokan lautan lepas. Untuk mencapainya, kita dapat melalui sebuah jembatan penghubung. Bila berwisata ke Jogja? Jangan lewatkan menyusuri pantai-pantai spektakulernya ya!," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Rabu (18/12/2019).

Pantai Kukup Wonosari merupakan satu-satunya tempat wisata Gunungkidul yang kaya akan biota laut. Juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah layaknya aquarium laut atau yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar pantai.

Selain itu, di sini juga terdapat gua alam yang teduh. Jika di Bali ada Tanah Lot, di Gunungkidul Yogyakarta ada Pantai Kukup yang mempunyai Gardu Pandang, berada di pulau yang terpisah.

Berada di Pantai Kukup, Anda akan disajikan dengan pemandangan indah. Pasir putihnya dan ombak yang besar menghiasi pantai. Karakteristik yang dimiliki Pantai Kukup hampir sama dengan pantai lain di Laut Selatan, yakni berada di antara tebing kars di sisi samping.

Keunikan lain yang dimiliki Pantai Kukup adalah adanya Pulau Karang di sebelah timur pantai. Pulau Karang ini disambungkan dengan jembatan. Di Pulau Karang ini tidak ada pura, tapi Anda akan melihat gardu pandang yang dapat digunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup.

Pulau Karang di Pantai Kukup ini menjadi spot paling diincar wisatawan. Di sini Anda dapat berburu sunset atau sunrise.

Ketika Pantai Kukup sedang mengalami surut, Anda akan melihat biota laut yang terdampar atau hidup di sekitar terumbu karang ini.