Ledakan Guncang Tambang Batu Bara di China, 14 Orang Tewas

• Tuesday, 17 Dec 2019 - 11:51 WIB

BEIJING, iNews.id - Ledakan mengguncang tambang batu bara dan gas di barat daya China, Selasa (17/12/2019). Sebanyak 12 penambang tewas dan dua lainnya masih terjebak di bawah tanah.

Kecelakaan pada Selasa dini hari itu merupakan yang terbaru dari serangkaian insiden penambangan di China, di mana peraturan soal keselamatan seringkali longgar.

Dua orang masih terjebak di bawah tanah setelah ledakan di tambang batubara Guanglong di Kabupaten Anlong, Provinsi Guizhou, menurut pemerintah Prefektur Otonomi Barat Daya Guizhou.

Tujuh pekerja dibawa ke tempat aman setelah kecelakaan dan kini operasi penyelamatan sedang berlangsung.

Kecelakaan di Guizhou ini terjadi beberapa hari setelah banjir melanda sebuah tambang di Provinsi Sichuan, barat daya China, yang menewaskan lima orang dan menyebabkan 13 penambang terjebak.

Media negara CCTV melaporkan, 347 penambang bekerja di bawah tanah di tambang batubara Shanmushu milik Kelompok Industri Batubara Sichuan di Daerah Gongxian ketika banjir terjadi pada Sabtu lalu.

Bulan lalu, setidaknya 15 orang tewas akibat ledakan ranjau di Provinsi Shanxi, yang menurut seorang pejabat disebabkan aktivitas yang melanggar hukum.

Pada pertemuan November, Dewan Negara -kabinet China- memerintahkan diberlakukannya tindakan keras terkait masalah keselamatan guna meningkatkan keamanan dan keselamatan di tempat kerja.

(Sumber :inews.id)