Jokowi Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru Hari Ini, Tentukan Area Pembangunan Istana

Fakhrizal Fakhri • Tuesday, 17 Dec 2019 - 09:35 WIB

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019), untuk melihat lokasi pemindahan Ibu Kota baru. Kunjungan kali ini sekaligus untuk menentukan titik pembangunan Istana Kepresidenan.

Jokowi dijadwalkan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menuju ke Kalimantan Timur sekitar pukul 07.30 WIB nanti dengan Pesawat Kepresidenan.

Setiba Kalimantan Timur, Jokowi akan terlebih dulu meninjau Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 kilometer dan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar, Balikpapan.

 Ilustrasi

Kemudian, Jokowi dan rombongan langsung menuju lokasi Ibu Kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, lahan Ibu Kota baru yang sangat luas akan dibagi beberapa klaster mulai dari pemerintahan, pusat kesehatan, hingga pusat inovasi seperti layaknya Silicon Valley.

"Titik yang pertama kali harus ditentukan yaitu klaster pemerintahan artinya istana ada di situ, kementerian-kementerian ada di situ, ini penting," kata Jokowi.

(sumber:okezone.com)