Year in Search: Penelusuran Trending di Google Sepanjang 2019

Ita Kusuma • Thursday, 12 Dec 2019 - 14:15 WIB

JAKARTA - Google baru saja mengumumkan hasil dari Year in Search 2019 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2019 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Year in Search 2019 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2019 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. 

Veronica Utami selaku Head of Marketing, Google Indonesia, Philippines dan NBU Asia Tenggara (SEA) menyampaikan“Year in Search menunjukkan bahwa 2019 adalah tahunnya masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan. Baik perubahan dengan diri sendiri. Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup - hingga sosok yang menginspirasi perubahan."

Dengan begitu banyak perubahan di tahun ini, mulai dari pemilu terbesar sepanjang sejarah di Indonesia, cerita seputar KKN Desa Penari, hingga kata “Bucin”; orang Indonesia berusaha memahami informasi yang mereka terima dan situasi dengan lebih baik. Selain informasi seputar berita dan fenomena sosial, pencarian seputar gaya hidup, khususnya hidup sehat juga trending di tahun 2019. Dari pencarian seputar cara menghitung berat badan ideal, cara menurunkan kolesterol, cara diet alami hingga resep makanan dan minuman sehat. 

Tak hanya perubahan dengan diri sendiri dari reaksi dan konsumsi informasi juga gaya hidup; sosok dan kisah yang menginspirasi perubahan, dari mulai tokoh, pelaku hingga karya seni Indonesia, juga masuk dalam beberapa daftar kategori di tren penelusuran di 2019. Dari kisah box-office seperti Avengers: End Game, Dua Garis Biru, Keluarga Cemara; hingga tokoh seperti Wishnutama, Nadiem Makarim, dan Edhy Prabowo. Selain nama tokoh besar yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, tahun ini merupakan tahun kepergian bagi banyak pelopor dan tokoh pemikir hebat di negeri ini. Mulai dari para pemimpin Indonesia, hingga para atlet muda yang patut dihargai dan dikenang.

Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: daftar utama Tren Penelusuran, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film. Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi google.co.id/2019