Mahfud MD Temui Kapolri Bicarakan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

• Thursday, 12 Dec 2019 - 14:02 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD melaksanakan pertemuan dengan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis, di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut terkait dengan pengamanan hari besar Natal dan Tahun Baru 2020.

"Saya hari ini kunjungan kerja, biasa tugas rutin. Ini fokusnya itu menghadapi Tahun Baru dan Natal untuk menjamin keamanan dan ketenteraman masyarakat," kata Mahfud kepada wartawan Kamis (12/12/2019).

Menurut Mahfud, saat ini pihak kepolisian dan sejumlah stakeholder terkait, termasuk kementerian lintas sektoral sudah menyiapkan sejumlah hal penting guna mengamankan perayaan dua hari besar tersebut. Diyakini, perayaan Natal dan Tahun baru kali ini akan berjalan baik, aman, dan tertib.

"Kita juga menyiapkan segala sesuatunya. Dan saya percaya Natal dan Tahun Baru berjalan baik karena kesiapan Polri," tambahnya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pertemuan Menkopolhukam dan Kapolri berlangsung sejak pukul 11.00 hingga 13.30 WIB. Mahfud hadir dengan didampingi beberapa deputi dan direktur dari kementerian yang dipimpinnya.

Sejumlah hal sempat dibicarakan oleh keduanya, termasuk ikhwal kesiapan pengamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang. Operasi kemanusiaan 2019 menjadi salah satu inti dari pertemuan tersebut.

"Agenda tahun ini ada satu yang akan kita laksanakan yaitu operasi kemanusian. Operasi lilin dan Tahun Baru," kata Argo saat ditanyai wartawan terkait isi dari pertemuan Mahfud MD dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis.

Operasi ini akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Seratus ribu lebih personel disiapkan guna memastikan keamanan pada libur panjang nanti.

"Ada 100 ribu lebih untuk personel yang kita siapkan dari Aceh sampe Merauke," ucap ia.

Saat ini, pihak kepolisian masih mengumpulkan data dan informasi dari Polda setempat untuk mengetahui titik mana yang nantinya akan menjadi prioritas pengamanan pada saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Sudah kita lakukan juga pengumpulan data dan informasi dari Polda-Polda. Diterima Asisten Operasi Kapolri, nanti ditentukan prioritas keamanan," terangnya.

Sejumlah titik pengamanan nantinya, akan terfokus pada wilayah Jawa, Lampung, Banten, Bali, NTT, Papua dan Papua Barat. (Fajar Yusuf Rasdianto)