Guru SMPN 17 Kendari Terima Tanda Kehormatan Satya Lencana Pendidikan

• Tuesday, 3 Dec 2019 - 16:19 WIB

Kendari - Salah satu guru asal SMPN 17 Kota Kendari, Suhardin, menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Suhardin yang ditemui kantor Walikota Kendari, Selasa (3/12/2019) mengatakan Satyalencana tersebut diterima langsung, melalui Menteri Pendidikan Nasional, Nadiem Makarim, di Gedung Wibawa Mukti Bekasi, tepat di momen Hari Guru Nasional 2019.

Suhardin menerangkan bahwa penghargaan yang diraihnya itu melalui proses panjang, mulai dari pengusulan oleh menteri, penyuratan dirinya di daerah, dan mengumpulkan portofolio prestasi yang sudah diraihnya.

Kemudian pihak kementrian langsung mengunjunginya di sekolah untuk verifikasi. Setelah verikasi dilaksanakan, ia pun dinyatakan lolos.

Suhardin sempat dipanggil ke Jakarta oleh Sekretariat Militer Kepresidenan untuk mengikuti tahapan interview yang hasilnya dibawa ke badan intelijen untuk diklarifikasi, hingga akhirnya menghasilkan Surat Keputusan (SK) tanda kehormatan.

Guru Sains dan Prakarya di SMPN 17 Kendari itu menerangkan penghargaan yang berhasil diraihnya merupakan sebuah tantangan untuk terus berbuat lebih baik dan memberikan manfaat bagi banyak orang di tengah profesinya sebagai seorang tenaga pendidik.

“Orang yang berguna adalah manfaat bagi orang lain, sehingga saya harus mengajak teman-teman saya, memberikan motivasi dan kepada anak didik untuk terinspirasi untuk meraih prestasi yang telah saya dapatkan,” tutup Suhardin. (Hengky)