PT KAI Sulap Kereta Ekonomi Cita Rasa Eksekutif

• Saturday, 30 Nov 2019 - 12:44 WIB

Surabaya -  PT KAI terus melakukan inovasi dalam hal pengembangan sektor layanan, salah satunya di sektor sarana kereta. Sebanyak 12 gerbong kereta ekonomi dari rangkaian KA Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen/Jakarta secara bertahap direnovasi menjadi gerbong kereta dengan fasilitas seperti gerbong kereta eksekutif.

Ke-12 gerbong kereta dari KA GBMS dimodifikasi dalam 2 tahap (masing-masing sejumlah 6 gerbong kereta) oleh pihak Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng. Pengerjaan tahap pertama telah selesai dilakukan dari tanggal 1 November s/d 30 November 2019. Sementara tahap kedua akan mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 nanti.

Keunggulan dari gerbong kereta ekonomi hasil modifikasi ini dari prototype sebelumnya adalah fasilitas pelayanannya menyerupai fasilitas layanan seperti gerbong kereta eksekutif (jumlah seat, bahan tempat duduk, toilet, dan interior kereta)

Perubahan fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya jumlah tempat duduk dari 106 seat per gerbong kereta menjadi 80 seat, formasi tempat duduk 2 - 3 menjadi 2 - 2, AC berbentuk split dirubah menjadi AC package, rak bagasi biasa dimodifikasi menjadi rak bagasi serupa dengan gerbong kereta eksekutif, interior toilet yang sebelumnya standar gerbong ekonomi dirombak menjadi toilet standar gerbong kereta eksekutif, dan dinding kereta yang sebelumnya berbahan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) diganti mengunakan bahan ACP ( Alumunium Composit Panel) yang lebih mudah dibersihkan dan mengkilat.

"PT KAI selalu berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Dengan peningkatan layanan tersebut, diharapkan transportasi kereta api bisa menjadi angkutan moda andalan bagi masyarakat dalam mobilisasinya. Dengan mobilisasi yang lancar dan aman, roda perekonomian bisa tumbuh dinamis," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI dalam kata sambutan di acara launching reborn kereta GBMS di Balai Yasa Surabaya Gubeng (30/11) dengan kegiatan cuci kereta oleh komunitasi pecinta KA Surabaya.

Pengerjaan modifikasi (reborn) gerbong kereta GBMS ini dilakukan selama 30 hari oleh 20 pegawai Balai Yasa Gubeng.

Sebagai bentuk pengenalan produk layanan baru ini, Sabtu, 30 November 2019 diadakan serangkaian acara seremonial di Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng yang melibatkan 30 anggota komunitas pecinta kereta api,  dan 20 anggota komunitas photografer Surabaya. Acara ini diisi dengan kegiatan bersih-bersih kereta reborn dan perlombaan photografer. (Hermawan)