Peringati Hati Menanam Pohon Nasional, PLN UID Jatim Gelar Aksi Tanam Mangrove di Pesisir Surabaya

• Saturday, 30 Nov 2019 - 09:19 WIB

Surabaya – PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur bersama komunitas R-Kompas dan Bank Sampah Bintang mangrove melaksanakan program penggiat lingkungan bertajuk Mangrove Clean Up and Planting. Gerakan penanaman 2811 bibit Mangrove dan pembersihan sungai di kawasan Gunung Anyar ini diikuti oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Dit. Polairud Polda Jawa Timur, Kapolsek Rungkut, Camat Gunung Anyar beserta Lurah, Satpol PP Kecamatan Gunung Anyar dan warga Kelurahan Gunung Anyar Tambak. 

“Kegiatan penanaman 2.811 bibit mangrove dan pembersihan daerah aliran sungai ini merupakan upaya PLN dalam pelestarian lingkungan hidup dalam wujud program lingkungan yang bertemakan Mangrove Clean Up and Planting," ungkap Rasyid A. Naja, Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur.

Sebanyak 150 peserta dalam kegiatan Mangrove Clean Up and Planting digerakkan untuk melakukan pembersihan sungai dimulai dengan mengumpulkan sampah sepanjang daerah aliran sungai untuk kemudian dilakukan pemilahan sampah organik maupun anorganik di Bank Sampah Bintang Mangrove. 

Usai pembersihan daerah aliran sungai, peserta kemudian melakukan penanaman bibit mangrove di sekitar muara aliran Sungai Gunung Anyar. Kegiatan ini digalakkan guna memasyarakatkan gerakan menanam pohon dan upaya pelestarian lingkungan hidup, sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi kepala daerah, individu, kelompok masyarakat, dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan hidup, terutama di Kawasan Gunung Anyar Surabaya. (Hermawan)