Dukung Optimalisasi UKM, Gubernur Jatim Dapatkan Penghargaan Pemerintah

• Friday, 29 Nov 2019 - 08:19 WIB

Surabaya - Upaya maksimal gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui UKM mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam pemberian penghargaan Pembina Produktivitas Paramakarya 2019, yang  diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma' ruf Amin di Istana Wapres RI. 

Penghargaan yang merupakan inisiasi dari Kementrian Tenaga Kerja tersebut disematkan kepada Gubernur Jawa Timur karena memberikan dukungan dan pembinaan yang maksimal kepada UKM sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya. Perusahaan yang mendapatkan apresiasi tersebut adalah  UD Dede Satoe, yang merupakan UKM dalam pembuatan sambel khas Surabaya. Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Pawaei mengatakan penghargaan tersebut menjadi instrumen penting dan memacu semangat Pemprov Jatim bersinergi dengan UKM untuk makin maju. 

"Bu Gubernur sangat konsen terhadap pembinaan UKM, karena terbukti UKM sangat kuat takkala terjadi krisis ekonomi. Kondisi ini menjadikan alasan tersendiri bagi Gubernur untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap UKM," ujar pejabat asal Sulsel tersebut. 

Dalam proses penilaian untuk mendapatkan penghargaan Paramakarya 2019, Jatim meloloskan enam UKM. Namun hanya 3 UKM yang berhasil masuk nominator dan salah satunya UKM Sambel dari Surabaya berhasil memboyong Paramakarya 2019. Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menyambut gembira keberhasilan tersebut. Menurutnya penghargaan ini merupakanan sinergi dari semua elemen untuk memajukan UKM di Jatim.

"Alhamdulilah, semoga dengan penghargaan ini akan memacu kita untuk terus memajukan UKM dalam berbagai bidang di Jawa Timur. Dan saya juga tetap berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan UKM," ujar Gubernur Khofifah. (Hermawan)