Tingkatkan Kepedulian dan Kerjasama, Pemadam Kebakaran, TNI dan Polri Gelar Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran

• Thursday, 28 Nov 2019 - 23:06 WIB

Tangerang - Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) Gedung B mengadakan pelatihan tanggap bencana melalui simulasi evakuasi pasien dari bahaya kebakaran yang terjadi di lingkungan rumah sakit pada Kamis, 28 November 2019 di SHLV Gedung B di Karawaci Tangerang.

"Pelatihan dilakukan agar kami dapat bersinergi dengan sejumlah pihak diluar lingkungan rumah sakit, termasuk meningkatkan kembali kepedulian kami dalam menghadapi bencana yang datangnya tidak bisa diprediksi. Adanya pelatihan ini pun untuk mendata ulang fungsi dan sarana termasuk fasilitas yang terdapat di rumah sakit ini", ungkap, drg. Dina Rosita, Business Division Head SHLV Gedung B, Kamis, (28/11/2019) di Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci Tangerang, Kamis (28/11/2019)

Menurut drg. Dina Rosita, pelatihan tanggap bencana melalui simulasi evakuasi pasien dari bahaya kebakaran, baru pertama kali dilakukan pihaknya bersama Unit Damkar Kabupaten Tangerang, Markas Komando Resor Militer 052 Wijayakrama dan Mapolsek Kelapa Dua Tangerang. "Setiap tahun kami rutin mengadakan pelatihan tanggap bencana. Namun kali ini kami melibatkan pihak luar agar mutu pelatihan dan sinergi bisa kami tingkatkan lebih baik", imbuh Dina Rosita.

Pelatihan tanggap bencana melalui simulasi evakuasi pasien dan pemadaman api dari bahaya kebakaran yang diadakan manajemen SHLV  Gedung B, melibatkan lebih dari 70 karyawan termasuk didalamnya 9 "pasien" yang dievakuasi dari titik kebakaran di lantai 3. Evakuasi dilakukan melalui jalur jalan evakusi yang sejak awal pembangunan rumah sakit telah disediakan pihak SHLV Gedung B. Dua ambulans Siloam pun bersiaga penuh termasuk fasilitas dua tenda besar di areal parkir yang difungsikan sebagai ruang rawat pasien sementara dan manajemen center bagi pihak luar sebagai media informasi ketika simulasi kebakaran dilakukan. (ANP)