Seruan Uni Eropa dan UN Women

Mayzka Da Reisa • Tuesday, 26 Nov 2019 - 16:03 WIB

Jakarta, 25 November 2019 - Uni Eropa (EU) bersama UN Women menyelenggarakan diskusi publik yang menyoroti hak-hak perempuan untuk hidup bebas dari segala bentuk kekerasan dan bagaimana setiap orang dapat berkontribusi menciptakan dunia setara serta bebas kekerasan dalam rangka memulai kampanye global 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang berlangsung setiap tanggal 25 November 2019 sampai 10 Desember 2019.

Dengan mengusung tema "Bersama Kita Mengakhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Perempuan" berfokus pada tantangan dalam pencegahan dan dalam mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, membahas ketidak setaraan dan norma-norma sosial yang diskriminatif yang berdampak pada perempuan, serta bagaimana melibatkan laki-laki dalam mendukung kesetaraan gender dan hak-hak perempuan. 

Pembicara dalam diskusi publik antara lain aktris Velove Vexia, Budi Wahyuni dari Komnas Perempuan, Lily Puspasari dari Programme Specialist/UN Women, dan Bagia Saputra dari Aliansi Laki Laki Baru.

"Saya yakin, setiap perubahan itu dimulai dari diri sendiri. Saya sudah dan akan terus berupaya melanjutkan peran perubahan tersebut demi terciptanya dunia yang lebih baik untuk perempuan dan anak perempuan. Saya berharap semakin banyak anak muda yang berani membuat perubahan karena aksi sekecil apapun akan memiliki makna", ujar Velove.

Acara yang dimulai dari pukul 09.00 wib dibuka oleh sambutan dari Vincent Piket selaku Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Jamshed Kazi selaku UN Women Represenrafive and Liaison to ASEAN.

Pada acara bersamaan juga menampilkan karya dari 12 finalis Kompetisi Gambar Komik dan Kartun "Think Equal, Think Girls". Kompetisi ini dimenangkan oleh Amy Rahmadhita dari Bandung (Pemenang Hadiah Pertama), Rama Indra Pradana dari Cimahi (Pemenang Hadiah Kedua), dan Leni Kamilia Nuraini dri Bandung (Pemenang Hadiah Ketiga).

Tiga terbaik yang dinobatkan memenangkan hasil dari Kompetisi Gambar Komik dan Kartun.