Sidang Terbuka Penganugerahan Doktor Honoris Causa Ir. M. Hatta Rajasa

• Monday, 25 Nov 2019 - 11:39 WIB

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung menggelar Sidang Terbuka Penganugerahan Doktor Honoris Causa Ir. M. Hatta Rajasa, Senin, 25/11/2019, di Aula Barat ITB, Jl. Ganesa No 10.

Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan ITB kepada seorang putera/puteri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa dalam satu dari empat bidang yang menjadi tolak ukur.

Ketua Tim Promotor Dr. HC Ir. M. Hatta Rajasa, Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. , menjelaskan empat bidang kontribusi tersebut, yaitu pertama, dalam ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan dan/atau kemasyarakatan. 

Kedua, kontribusi dalam pengembangan pendidikan dan  pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan.

Ketiga, kontribusi dalam kemajuan kemakmuran, dan/atau kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia atau umat manusia. 

Keempat, kontribusi dalam pengembangan hubungan baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan. 

"Dengan memperhatikan keempat tolok ukur tersebut, dan didasarkan atas penilaian terhadap rekam jejak dan capaian-capaian dari Ir. M. Hatta Rajasa di bidang kebijakan publik, (maka) kami memandang bahwa Ir. M. Hatta Rajasa layak untuk mendapatkan anugerah gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung," ujar Prof. Kombaitan.

Adapun nama-nama tim promotor Dr. (HC) Ir. M Hatta Rajasa adalah Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. (Ketua), Prof. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D., Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D., Prof. Freddy Permana Zen, M.Sc, D.Sc., Prof. Ir Doddy Abdassah M.Sc, Ph.D.

Ini merupakan Doktor Kehormatan ke-13 yang diberikan ITB. Dr. HC Ir. M Hatta Rajasa adalah alumni Teknik Perminyakan ITB Angkatan 73, yang berkiprah dalam bidang pemerintahan dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001 - 2004), Menteri Perhubungan (2004 - 2007), Menteri Sekretaris Negara (2007 - 2009), dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2009 - 2014).

Disamping putra putri dan keluarga besar, turut hadir dalam sidang terbuka ini Presiden ke-6 Republik Indonesia, Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono bersama para menteri rekan Dr. HC. Ir. M. Hatta Rajasa dalam kabinet Gotong Royong, Kabinet Indonesia Bersatu, dan Kabinet Indonesia Bersatu II.