Portal mnctrijaya.com Raih Penghargaan Penggunaan Bahasa Indonesia Terbaik

MUS • Thursday, 28 Oct 2021 - 17:36 WIB

Jakarta - Mnctrijaya.com mendapat penghargaan sebagai salah satu media massa daring terbaik dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Penghargaan ini diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, dalam acara puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2021. 

Dari 98 media massa daring yang dinilai, mnctrijaya.com masuk daftar 10 besar media terbaik bersama Republika.co.id, Detik.com, Alinea.id, Bernas.id, Solopos.com, Bisnis.com, Solotrust.com, Kompas.com dan Bola.com.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek, Muh. Abdul Khak mengatakan, perayaan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2021 dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema “Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh”. 

“Indonesia Tangguh adalah harapan dan topik kemerdekaan kita tahun ini. Dengan berbahasa sehat, kita senantiasa mendukung Indonesia Tangguh meskipun melaksanakan kegiatan secara daring,” kata Abdul Khak  dalam acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2021 yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamis (28/10/2021).

Apresiasi kepada media massa dan penerima penghargaan lainnya, diharapkan mampu mendorong semua pihak untuk semakin bangga menggunakan Bahasa Indonesia, sebagai bahasa kebangsaan. 

Menurut Abdul Khak, butir ketiga Sumpah Pemuda, yaitu menjunjung tinggi bahasa persatuan dan bahasa Indonesia, harus dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk di ruang publik seperti pada papan informasi.

“Itu bagian dari upaya kita menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Artinya, diutamakan bahasa Indonesia. Jika kita menuliskan informasi dalam dua bahasa, bahasa Indonesia harus diletakkan di atas bahasa yang lain,” pungkas Abdul Khak. (Mus)