2 Tahun Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko: Strategi Gas dan Rem Terbukti Tepat 

MUS • Wednesday, 20 Oct 2021 - 11:43 WIB

Jakarta - Pemerintah meluncurkan buku Laporan Capaian Kinerja 2021: "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh 2021", di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (19/10/2021), yang berisi pencapaian dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Dalam sambutannya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memuji Presiden Jokowi sebagai nakhoda kepemimpinan di pemerintahan Indonesia, yang selama dua tahun terakhir memberikan arahan jelas dan tegas sehingga dapat melalui krisis akibat Covid-19.

“Joko Widodo memberi arahan jelas dan tegas untuk bekal menempuh krisis. Yaitu “gas dan rem” serta keberanian mengambil risiko. Arahan ini patut disambut dengan terima kasih dan syukur serta wajib dilaksanakan karena menjadi dasar semua kebijakan yang agile. Pedal rem ditekan ketika positivity rate melejit. Pedal gas dioptimalkan tatkala situasi telah memungkinkan,” kata Moeldoko. 

Ia menilai prinsip sederhana “gas dan rem’ ini terbukti tepat dan kian menumbuhkan optimisme, Indonesia mampu menghadapi tantangan ke depan, dari pandemi menuju endemi.

Meski Meoldoko tak memungkiri, pencapaian Indonesia melawan pandemi tak lepas dari peran semua pihak. Koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam setiap kebijakan, tenaga kesehatan di garda terdepan, kesigapan TNI/Polri, akademisi yang turun gunung, jaringan luas organisasi kemasyarakatan, serta inovasi sosial lembaga swadaya masyarakat.

“Semua mengambil peran dalam orkestrasi besar yang harmonis, yang penuh optimisme akan tanah air Indonesia tangguh, yang terus bertumbuh dengan merdeka dan berdaulat,” tegasnya.