SundayMorningRide, Dari Pecinta Helm, Sarapan Pagi, Hingga Riding

ANP • Sunday, 12 Sep 2021 - 21:09 WIB

JAKARTA - Eksistensi komunitas SundayMorningRide alias Sunmori memang masih terbilang muda. Namun, di usia yang baru saja genap enam tahun, Sunmori sudah mampu menunjukkan jati dirinya sebagai komunitas para pecinta riding (sepeda motor) yang cukup populer.

Salah satu kordinator SundayMorningRide yang kerap disapa Om Arul bercerita, di awal berdirinya pada pertengahan 2015, Sunmori hanya beranggotakan tak lebih dari 20 orang. Kini, seiring berjalannya waktu, SundayMorningRide sudah memiliki anggota yang lumayan banyak.

Kita ini bukan klub motor atau komunikas. Kita hanya komunitas pecinta helm dan pecinta riding pagi di hari Minggu, hingga asyik beriding-ria bersama.

Minggu pagi dipilih sebagai hari berkumpul SundayMorningRide karena udara Jakarta di pagi hari masih cukup bersih, jauh dari polusi. "Kita galakkan terus kegiatan Minggu pagi itu hingga lama-lama berkumpul yang tadinya bisa dihitung dengan jari, menjadi puluhan orang," kata Om Arul.

Meski tidak selalu berkumpul semua karena kesibukan masing-masing member, namun kegiatan Sunmori di Minggu pagi ini rutin berjalan. "Bagi kami, keluarga tetap nomor satu. Setelah itu, baru komunitas," imbuh Om Arul.

Selain kegiatan Minggu pagi ceria tersebut, Sunmori juga memiliki agenda lainnya. Diantaranya, riding, touring jarak jauh, hingga bakti sosial (baksos).

Pada 2017 lalu, kenang Om Arul, Sunmori pernah mengadakan baksos di daerah Bogor dan Jogya untuk membatu korban bencana alam "Yang terbaru, kita baksos berupa bagi-bagi 140 paket sembako bagi masyarakat yang berhak dalam rangka anniversary 6th SundayMorningRide dengan cara, kita riding ke satu titik, lalu sepanjang perjalanan dari mulai titik kumpul hingga titik tujuan, kita bagi-bagi paket sembako," kata Om Arul.

Bagi Om Arul, aneka kegiatan di SundayMorningRide memiliki satu tujuan. Yaitu, menjalin tali silaturahmi dan komunikasi yang positif diantara para member dan masyarakat pada umumnya. "Intinya, lebih baik memiliki banyak teman daripada banyak musuh," SundayMorningRide We Are Family pungkas Om Arul. (ANP)