Pemkot Kendari Tetapkan Sholat Idul Adha 1442 H di Rumah Saja

MUS • Friday, 16 Jul 2021 - 16:20 WIB

Kendari - Pemerintah Kota Kendari menggelar rapat persiapan Shalat Idul Adha 1442 H/ 2021 M, yang diikuti Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir serta forkopimda dari Polres, Kodim, MUI dan Kemenag Kota Kendari, bertempat di gedung Media Center Rujab Walikota Kendari, Jumat (16/07/2021).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir setelah rapat menyampaikan bahwa kegiatan sholat Idul Adha 1442 H yang insyaallah jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 sesuai keputusan rapat bersama ditiadakan penyelenggaraannya di Lapangan ataupun di Masjid.

"Dengan mempertimbangkan jumlah pasien positif Covid-19 yang ditangani masih tinggi, hari ini ada 772 pasien yang masih ditangani sampai hari ini, ditambah tren yang masih naik, dengan mempertimbangkan bahwa wilayah kota Kendari sangat cair dalam arti mobilitas masyarakat dari satu wilayah ke wilayah yang lain masih sangat mudah. Sehingga kami memutuskan untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H tahun ini, kita himbau kepada masyarakat sholat di rumah saja, kita tidak izinkan di masjid apalagi di lapangan," ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut Sulkarnain Kadir menyampaikan itu semua dilakukan karena pertimbangan pasien positif masih tinggi.

"Alhamdulillah semua bersepakat dari keamanan, kemenag dan majelis ulama, bahwa memang keputusan ini tidak memuaskan semua pihak kami pahami, bahwa ini sekali lagi diambil berdasarkan pertimbangan kemasyalahatan yang lebih besar, kita ingin melindungi warga masyarakat kita mudah-mudahan dengan kita bersabar, dengan kita memahami situasi ini memang harus kita ambil keputusannya, mudah-mudahan lewat itu hasilnya Allah berikan perlindungan kepada kita semua, sehingga pasca Idul Adha nanti penularan Covid19 di kota Kendari bisa menjadi lebih berkurang dan bahkan kita berdoa diwaktu mustajab ini di 1-10 Dzulhijjah, saya mohon doa kepada masyarakat, mari kita berdoa, berzikir kepada Allah SWT mudah-mudahan doa kita diterima dan pandemi Covid-19 ini segera berakhir," harap Wali Kota.

Wali Kota Kendari menaruh harapan agar masyarakat memahami dengan kondisi saat ini, patuh kepada protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (Henq)