Diaspora India di AS Sedih Saksikan Lonjakan COVID di Negara Asalnya

MUS • Thursday, 6 May 2021 - 13:18 WIB

Diaspora India yang tinggal di Amerika menyaksikan dengan ngeri ketika India berjuang melawan gelombang kedua COVID-19 yang menghancurkan, sementara di AS vaksinasi berlangsung dengan gencar.

Bagi orang India yang tinggal di Amerika, berita menyedihkan setiap hari dari tanah air mengingatkan mereka bahwa pandemi masih jauh dari selesai.

Salah seorang dari mereka adalah Varsha Mehta yang tinggal di Virginia. “Memilukan. Mereka tidak memiliki tempat tidur. Orang-orang sekarat… setiap hari 4.000 orang sekarat. Situasi yang tidak terbayangkan," ujarnya seperti dikutip dari voaindonesia.com.

Warga Amerika lainnya yang juga keturunan India, Nikhio, mengatakan negara demokrasi terbesar di dunia itu tidak dipersiapkan secara memadai dalam menghadapi pandemi ini.

Sedangkan Sriker menyalahkan pemerintah India. “Tentu saja dalam keluarga saya terdapat orang-orang tua yang sudah divaksinasi atau setidaknya mendapat dosis pertama, tetapi kita bisa melihat bahwa vaksinasi belum cukup ampuh, dan mungkin kita bisa mengatakan bahwa itu kesalahan pemerintah. Mereka tidak berkomitmen untuk memperoleh sumber daya yang diperlukan sebelum pemerintah mencabut semua pembatasan dan mengatakan bahwa COVID sudah tidak ada di India sekarang, kita akan baik-baik saja.”

Dengan lebih dari 20,2 juta kasus, India memiliki jumlah infeksi COVID-19 tertinggi kedua setelah Amerika dan jumlah kematian tertinggi ketiga setelah AS dan Brazil.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Selasa (4/5), mengatakan kepada wartawan bahwa Amerika terus mengirim bantuan ke India.

“Enam pengiriman melalui udara yang didanai USAID sudah meninggalkan Amerika, lima di antaranya sudah sampai di India. Kiriman ini termasuk pasokan kesehatan, oksigen, pasokan oksigen, masker N95, tes diagnostik cepat, dan obat-obatan."

Tapi bagi banyak warga di India, bantuan tersebut mungkin datang terlambat.