SEMAR UGM Raih Tiga Gelar Kontes Mobil Hemat Energi 2020

MUS • Wednesday, 2 Dec 2020 - 14:46 WIB

Jogja - Tim SEMAR UGM tetap berinovasi dalam riset terhadap kendaraan mobil hemat energi di tengah kondisi new normal. Mereka mengembangkan kedua mobilnya dan telah berlaga di kompetisi ternama tingkat nasional, yakni Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020.

Kompetisi yang digelar secara daring ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dari Kemristekdikti RI dengan Universitas Indonesia pada tanggal 15 Oktober s.d 30 November 2020. KMHE merupakan ajang perlombaan kendaraan hemat energi rancangan mahasiswa, yang terbuka untuk berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pada KMHE 2020 ini jumlah tim peserta kompetisi yaitu 110 tim dari 74 perguruan tinggi. Mereka berlaga pada dua kategori yaitu urban dan prototipe.

“Pada acara ini kedua mobil yang diluncurkan oleh tim SEMAR UGM adalah Semar Urban dan Semar Proto. Semar Urban merupakan mobil kategori urban yang cenderung mirip dengan common citycar beroda 4 dengan bahan bakar bensin dan memiliki posisi berkendara yang ergonomis. Sedangkan untuk Semar Proto merupakan mobil pada kategori prototipe bermotor listrik berdaya rendah dengan controller super efisien,“ ujar Jayan Sentanuhady selaku pembimbing tim SEMAR

Melewati tahap seleksi, kedua mobil dari tim Semar UGM dinyatakan lolos untuk menjadi finalis KMHE 2020. Keduanya lolos untuk untuk masing-masing kategori, Semar Urban untuk kategori urban dan Semar Proto untuk kategori prototipe Semar.

Tim SEMAR UGM berhasil memperoleh beberapa gelar juara, yakni juara 3 kategori urban, kriteria perancangan bodi dan sasis untuk Semar Urban. Sedangkan, Semar Proto memperoleh juara 2 dan juara 3 untuk kategori prototipe dengan masing-masing kriteria model desain kendaraan dan kriteria perancangan bodi dan sasis. (Ron)