Kerja Keras Raditya di Balik Kesuksesan Gamchi

LAN • Wednesday, 10 May 2023 - 20:19 WIB

Jakarta - Raditya Bagaskara Wibowo (26) adalah pemuda asal Yogyakarta yang memopulerkan kudapan Korea, potato cheese bread (roti kentang keju), di Indonesia. Ia mendirikan restoran bernama Gamchi yang menyajikan varian rasa potato cheese bread yang lembut, gurih, dan manis. Ia mengaku mendapatkan inspirasi usaha setelah menonton drama Korea. 

Sebagai pelopor di Indonesia, ia mengatakan pembuatan roti tersebut memerlukan keterampilan khusus dalam membuat roti. Setelah menyempurnakan resep, Raditya membawa keterampilannya dari Yogyakarta ke Jakarta. Sekarang, bisnis miliknya sudah berkembang dan ada di beberapa cabang, yakni di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Saat ini baru ada di kawasan Jabodetabek saja. 

Target pasar Gamchi adalah pembeli dari kelas menengah ke atas, dan Raditya fokus membuka toko-toko Gamchi di mall. Porsi yang dijual cukup besar dan mengenyangkan. 

Raditya juga menjelaskan tips memulai usaha untuk para pendengar dengan menjelaskan cara riset pasar yang telah dilakukan Gamchi. 

“Dimulai dengan cara yang rendah risiko, buka store kecil, mulai online atau dari rumahan dulu. Awalnya Gamchi di pinggir jalan di Tebet, dan ternyata banyak yang suka. Baru akhirnya ekspansi, dan sampai lah ke mall,” ucap Raditya dalam acara Trijaya UKM Forum, “Sukses Usaha di Usia Muda”.

Ia mengaku perlu kegigihan dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan yang dimilikinya saat ini. Mulai dari jualan 1 store dipinggir jalan hingga bisa buka 20 outlet di seluruh mall Jabodetabek. 

“Yang pasti, punya leadership itu penting banget. Gimana cara pembawaan kita terhadap orang-orang sekitar kita, terutama bawahan. Terus disiplin, mulai dari bangun pagi, jangan anggap kita selalu punya waktu karena waktu muda kita ini justru berharga,” tutupnya. (Salsa)