Curah Hujan Tinggi, BPPT Siapkan Rekayasa Cuaca

MUS • Monday, 22 Feb 2021 - 11:11 WIB

Jakarta – Dalam beberapa hari terakhir Indonesia  terutama Jabodetabek mengalami curah hujan dengan intensitas tinggi hingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah

Menurut Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jon Arifian, hujan dengan intensitas yang ekstrem dominan terjadi pada tengah malam hingga dini hari.

Jon mengatakan ia dan timnya sedang berkoordinasi untuk melakukan rekayasa cuaca sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya lagi curah hujan yang ekstrem.

“Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) sudah diaktifkan per hari Minggu kemarin di lanud Halim Perdana Kusuma untuk mitigasi bagi bencana banjir yang telah terjadi beberapa hari belakangan mulai dari Sabtu-Minggu,” kata Jon dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Senin, (22/2/2021).

Jon juga menyebut ada beberapa eksekusi yang ia dan timnya akan lakukan bekerjasama dengan berbagai instansi. "Target cakupan kita akan fokus pada Jabodetabek dulu  karena beberapa hari terakhir kondisinya sudah sangat rawan banjir dan tingkat kejenuhan tanah yang sudah tinggi,” tutupnya. (Kuh)