Bersepeda dari Denmark ke Indonesia
Friday, 10 May 2019
Bersepeda dari Denmark ke Indonesia

The Last Kilometre from Denmark to Indonesia: Bicycling across 2 Continents, 26 Countries, 18.000 km to Indonesia”

Jakarta - Pemuda berusia 24 tahun asal Denmark, Emil Hvidtfeldt (www.theoddtrip.com /IG @theoddtrip), yang bersepeda solo dari daerah Nordik ke Indonesia selama 1 tahun, melewati 2 benua, 26 negara, dan lebih dari 18.000 km, telah sampai di tujuan terakhirnya, Jakarta, Indonesia, pada hari Rabu 8 Mei 2019 malam.

Emil bersepeda untuk ‘Association for the Greenlandic Children’ – suatu LSM di Grinlandia yang bekerja untuk mengatasi masalah kesehatan mental dan sosial di anak-anak Grinlandia. Grinlandia, pulau raksasa yang tertutup es, yang juga daerah otonomi Denmark, sangat terisolasi baik secara budaya maupun geografis. Banyak penduduk Grinlandia memiliki masalah kesehatan mental, termasuk depresi dan insomnia. Pada saat penulisan, penggalangan dana telah mencapai 63.400 DKK (~Rp 136.330.000), melebihi target sebesar 50.000 DKK (~Rp 107.515.000).

Emil menyatakan, “Ide perjalanan ini muncul setelah saya setahun belajar di Grinlandia dan mengalami sendiri sulitnya tinggal di daerah yang terisolasi. Karena terinspirasi oleh perjalanan sepeda jarak jauh lainnya, saya kemudian bertekad membuat proyek ini menjadi nyata. Rute sepeda yang saya pilih akan memberi saya kaya pengalaman dari berbagai belahan dunia. Dari dataran Eropa yang sederhana, gurun yang terik di Timur Tengah, puncak di Himalaya, dan berakhir di hutan tropis di Asia Tenggara. Indonesia adalah suatu tempat yang jauh dan eksotis bagi saya sejak dulu. Dua tahun lalu saya tidak akan pernah mengira akan mencapai Jakarta dengan bersepeda, dan karena itulah, ini menjadi tujuan saya. Saat ini, ketika bagian terakhir dari perjalanan saya sudah dekat, saya menyadari betapa besarnya hal yang kita dapat capai sebagai manusia. Bagi saya, ini adalah pesan yang patut disebarluaskan.”

Untuk merayakan kedatangan Emil, mendorong budaya bersepeda di Jakarta, meningkatkan kesadaran atas kesehatan mental, sekaligus menginspirasi masyarakat akan jiwa petualang, Kedutaan Besar Denmark di Jakarta mengundang masyarakat untuk bersepeda santai dengan Emil Hvitfeldt ke garis terakhir.

Acara ini akan diadakan di Car Free Day Minggu 12 Mei 2019, dengan judul“The Last Kilometre from Denmark to Indonesia: Bicycling across 2 Continents, 26 Countries, 18.000 km to Indonesia”.

Rute yang dilalui akan melewati Patung Selamat Datang dan Monumen Nasional untuk menandakan kedatangan di Jakarta, dan menyorot Indonesia sebagai tujuan akhir dari perjalanan yang luar biasa ini.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia  H.E. Rasmus Abildgaard Kristensen menambahkan, “Denmark adalah negara yang terkenal akan budayanya bersepeda. Di Denmark, semua orang dari kalangan sosial – politisi, mahasiswa, pebisnis – menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari yang paling disukai. Denmark juga merupakan salah satu negara keturunan bangsa Viking, yang dikenal dengan ketangguhan dan jiwa bertualang. Ini tampak di pemuda Denmark seperti Emil Hvidtfeldt.”

EVENT PROGRAM

Jenis acara : Sepeda santai gratis untuk umum Judul acara : “Kilometer Terakhir dari Denmark ke Indonesia: Bersepeda Melewati 2 Benua, 26 Negara, 18.000 km ke Indonesia” / “The Last Kilometre from Denmark to Indonesia: Bicycling across 2 Continents, 26 Countries, 18.000 km to Indonesia”

Tanggal : Minggu 12 Mei 2019 Garis awal : Jl. Teluk Betung / Menara BCA, Jl. Jend. Sudirman

Garis akhir : Jl. Teluk Betung / Menara BCA, Jl. Jend. Sudirman Rute : (6 km) Jl. Teluk Betung – Bundaran HI – Bundaran Monas – Bundaran HI – Jl. Teluk Betung

Program : 06.30 Pendaftaran 07.00 Mulai (Pembukaan oleh Dubes Denmark untuk Indonesia) 08.00 Selesai 08.15 Foto dan kesempatan wawancara AYO BERGABUNG!

Dengan tetap menghormati bulan puasa, minuman dan makanan ringan akan disediakan bagi yang memerlukan. Sampai jumpa!

(MAR)