Hellboy Terancam Kiamat
Wednesday, 10 April 2019
Hellboy Terancam Kiamat

Superhero setengah manusia, setengah iblis, Hellboy kembali beraksi dalam reboot "Hellboy" (2019). Bagi penggemar Hellboy sejak film pertama 2004 dan Hellboy: The Golden Army (2008), versi terbaru ini akan menghibur sekaligus memberi sisi berbeda dibanding Hellboy sebelumnya.

Sedangkan bagi penonton pemula Hellboy, tenang saja, Anda tidak akan terlalu dibingungkan dengan jalan cerita dan hubungan para tokohnya.

Hellboy merupakan bagian dari BPRD, Bureau for Paranormal Research and Defense, biro penelitian dan pertahanan untuk urusan gaib. Sebagai salah satu agennya, Hellboy harus membela manusia dari serangan monster dan iblis yang mengancam. Dia mengabdi pada ayah angkatnya, pimpinan BPRD, Trevor Bruttenholm.

Sedikit informasi tentang Hellboy, pencipta komiknya, Mike Mignolia menyebut Hellboy 2019 berkarakter lebih dramatis, berani, dan meledak-ledak secara emosional.

Hellboy yang lebih muda dari versi sebelumnya ini, juga digambarkan 'galau', apakah akan selalu membela ayah bapak angkat, orang-orang dekat, yang notabene umat manusia? Atau sebaliknya, kembali ke jatidirinya sebagai iblis?

Kontradiksi yang dialami Hellboy itu menjadi konflik batin ketika Hellboy terus-menerus terbeban dengan ancaman hari akhir alias kiamat. Apalagi, setan bernama Nimue, the Blood Queen kembali dari 'tidur panjang'-nya, siap membalaskan dendam seluruh jenis penghuni neraka, sekaligus menghabiskan eksistensi manusia. 

Hellboy harus siap menghadapi Nimue, tetapi sebelumnya, dia pun dihadapkan dengan jebakan yang membawanya ke masa lalu. Penonton diajak untuk mengenal asal-usul Hellboy, memahami kedekatan Hellboy dengan bapak angkat, serta hubungannya dengan rekan-rekan setimnya di BPRD. 

Di sana akan terungkap hubungan Hellboy atau nama sebenarnya Anung Un Rama, dengan sejarah Nazi di Skotlandia, bahkan lebih jauh, relasinya dengan Raja Arthur, penguasa Britania Kuno. 

Dengan dialog tersisip humor, "Hellboy" menampilkan adegan-adegan kekerasan secara vulgar. Pertarungan antara Hellboy melawan segala macam setan, digambarkan dalam tampilan visual yang brutal dan cenderung sadis.

Karena konfliknya melibatkan para iblis, maka pertempurannya pun keji. Tak tanggung-tanggung, darah akan berceceran di mana-mana, dengan berbagai proses penghilangan nyawa.

Dengan begitu, banyak bagian "Hellboy" harus disensor secara tak kalah kejam.

Genre: Action
Sutradara: Neil Marshall
Pemeran: David  Harbour, Milla Jovovich, Daniel Dae Kim
Berdasarkan komik Hellboy oleh Mike Mignola
Durasi: 2 jam
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 10 April 2019

 

(MAR)