Semua Tenda Jamaah Haji Indonesia Akan Dilengkapi AC
Monday, 08 April 2019
Semua Tenda Jamaah Haji Indonesia Akan Dilengkapi AC
Foto : KR Jogja

JAKARTA – Capaian indeks kepuasan jamaah haji 2018 dengan predikat sangat memuaskan tidak menjadikan Kementrian Agama Republik Indonesia berpuas diri. Pembenahan terus dilakukan.

"Bersama jajaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), kami telah menyiapkan sejumlah perbaikan dalam penyelenggaraan haji 1440 hijriah/2019 masehi," tegas Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Jakarta, Jumat 5 April 2019.

Ia mengatakan, kendati biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini tidak mengalami kenaikan, bahkan cenderung sama dengan tahun lalu, jamaah haji akan menerima banyak kelebihan dibanding sebelumnya. Salah satunya penerapan jalur cepat (fast track) bagi jamaah haji Indonesia akan ditambah.

"Dengan penerapan kebijakan ini, penyelesaian dokumen perjalanan, termasuk rekam biometrik dapat dilakukan sejak di embarkasi. Tahun lalu kebijakan ini masih diuji coba di embarkasi Jakarta. Namun tahun ini diharapkan layanan fast track bisa diberlakukan di embarkasi lainnya," sambung Menag.

Selain itu, jamaah haji Indonesia akan menikmati tenda berpendingin udara (AC) selama berada di Arafah. Penerapannya, jelas Menag, di seluruh tenda jamaah haji Indonesia.

Penempatan permukiman jamaah haji Indonesia juga akan dilakukan berdasarkan zona daerah. Sistem zonasi ini didasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ketika penempatan jamaah kloter yang bercampur di setiap sektor banyak mengalami kendala seperti halnya terkait bahasa.

Layanan katering juga akan diusahakan sesuai cita rasa makanan khas masing-masing daerah. Dengan demikian, rasa makanan katering semakin variatif sehingga jamaah tidak lekas merasa bosan.

Sumber : Okezone.com