Five Feet Apart: Mencintai Tanpa Menyentuh
Saturday, 16 March 2019
Five Feet Apart: Mencintai Tanpa Menyentuh

Genre: Drama, romantis
Sutradara: Justin Baldoni 
Pemeran: Haley Lu Richardson, Cole Sprouse 
Distributor: CBS Films, Lionsgate 
Durasi: 2 jam 
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 15 Maret 2019

Jangankan sentuhan, cerita romansa remaja ini tak sedikit pun menggambarkan adegan berciuman mesra. Tetapi itulah keunikan "Five Feet Apart". Ceritanya dan tampilan visualnya sederhana, namun tersaji edukasi berharga tentang kelainan genetik, yang jarang dibahas di media lainnya, dihiasi soundtrack romantis kekinian menyayat hati.

"Five Feet Apart" menceritakan kisah cinta sejoli anak 17 tahun: Stella Grant dan Will Newman. Mereka adalah pasien cystic fibrosis, yang mematikan, karena merusak paru-paru dan sistem pencernaan. Para pasiennya harus dirawat intensif di rumah sakit selama bertahun-tahun, sampai mendapatkan donor paru-paru atau ditemukan teknologi pengobatan terbaru.

Stella adalah pasien lama, yang sangat patuh dengan perawatan. Dia sangat mahir dengan media sosial dan teknologi digital. Dengan sifatnya yang ceria dan terbuka, dia juga memiliki beberapa sahabat meski dirawat di RS. Hidupnya penuh rutinitas, batasan, dan pengendalian diri, agar bisa segera sembuh. 

Keteraturan Stella 'terganggu' ketika pertama kali bertemu pasien sebaya, pemberontak yang menawan, Will. Keduanya melalui tahap pendekatan dan 'naksir-naksiran' yang berlangsung instan, seperti cinta monyet secara umum.

Bedanya, Stella dan Will berpacaran sambil harus patuh dengan beberapa peraturan. Selain tetap terikat dengan perawatan, pasangan ini harus menjaga jarak aman. Pasien cystic fibrosis tidak boleh berdekatan 6 kaki, atau 1,8 meter, agar terhindar dari resiko penularan bahkan kematian. 

Jadi ya, jangankan bisa bersalaman, berpegangan tangan, apalagi berpelukan, Stella dan Will bahkan tidak bisa berdiri atau duduk berdampingan.

Saat cinta makin menggelora, Stella dan Will berusaha melawan aturan. Selain alasan emosional, mereka mulai percaya, hidup terlalu singkat untuk dilewatkan. Stella perlahan mengikuti 'pemberontakan' Will, yang berpotensi membahayakan perawatan medis mereka. 

Tetapi aturan demi aturan kesehatan dibuat berdasarkan riset panjang, termasuk ketentuan 6 kaki, yang mulai dilanggar menjadi 5 kaki (five feet) atau sekitar 1,5 meter. Pelanggaran atasnya tetap beresiko kegagalan penyembuhan, bahkan kematian. Mampukah kekuatan cinta mengalahkan segalanya, termasuk resiko maut?

Lewat adegan-adegan canggung, karena pacaran dilakukan terpisah dalam jarak 1,5 meter, "Five Feet Apart" mampu membuat penonton berkaca-kaca. Tak hanya terenyuh dengan rayuan maut dan 'cheesy' ala Will, tetapi juga tentang elemen-elemen sederhana dalam hidup, yang sangat dekat dengan kematian. 

Selain itu, orang awam juga akan diajak memahami kelainan cystic fibrosis beserta segala perawatannya. Walau dalam pemahaman sederhana, paling tidak, penonton akan mengetahui beratnya kondisi langka tersebut.

(MAR)