Perbedaan Lampu LED dan Konvensional pada Mobil
Friday, 15 March 2019
Perbedaan Lampu LED dan Konvensional pada Mobil
Banyak yang beranggapan penggunaan lampu LED justru kurang awet dan mahal bila dibandingkan lampu konvensional. (Foto: Which)

JAKARTA - Mobil-mobil model terbaru rata-rata sudah menggunakan teknologi lampu Light Emitting Diode (LED). Namun, banyak yang beranggapan penggunaan lampu LED justru kurang awet dan mahal bila dibandingkan lampu konvensional.



Benarkah demikian? Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha mengemukakan, secara durasi pemakaian, umur lampu tak ada patokan pasti. Bahkan, pada kenyataannya baik lampu LED maupun konventional usianya relatif sama tergantung masa pemakaian.



"Secara lifetime antara LED dan lampu biasa itu hampir sama, karena tidak ada ukurannya. Tapi dari segi kelebihan, lampu LED punya pemakaian daya listrik lebih rendah sehingga tidak seboros lampu biasa," ujar Sapta, dalam keterangannya kepada iNews.id, baru-baru ini.



Sapta menuturkan masing-masing lampu punya plus-minus. "Lampu konvensional dengan pendar cahaya kuning memang tak akan seterang LED. Namun, bisa diandalkan saat berkendara dikondisi hujan lebat dan berkabut.



Sebaliknya, LED mampu memberikan penerangan optimal, sehingga saat malam hari pengendara bisa mendapat pencahayaan lebih baik. Tapi, saat kondisi hujan cahaya yang dihasilkan kurang mampu menembus dan kadang justru menyilaukan.



"Kalau dari fungsi, keduanya punya kelebihan. Tapi, dari segi harga, LED memang lebih mahal karena tidak bisa dibeli satuan harus dalam rangkaian. Tapi, kalau bicara dalam konteks rusak itu jarang sekali terjadi," katanya.

 

Source: iNews.id