Garuda dan Lion Air Harus Ground Seluruh Pesawat Boeing 737 Max 8
Monday, 11 March 2019
Garuda dan Lion Air Harus Ground Seluruh Pesawat Boeing 737 Max 8

JAKARTA - Kecelakaan Pesawat Boeing 737 Max 8 pada Lion Air pada Oktober 2018 kembali terulang kembali. Pesawat sejenis jatuh di Ethiopia. 

 

"Maka, kami untuk dan atas nama Penggugat dalam perkara gugatan perdata Citizen Lawsuit No. 36?Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst meminta pada semua perusahaan penerbangan yang mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 untuk tidak menerbangkannya (grounded)," ujar Koordinator Tim Advokasi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan (TAKKP) Edy Kurnia Djati dalam siaran persnya, Senin (11/3/2019).

 

Serpihan Ethiopia Airlines

 

Selain itu, kata Edy Kurnia Djati, pihaknya menuntut kepada Direktorat Transportasi Udara untuk memastikan tidak beroprasionalnya pesawat Boeing 737 Max 8. Hal ini berlaku untuk semua penerbangan di Indonesia termasuk Garuda maupun Lion Air.

 

"Sampai ada kepastian keamanan dan keselamatan pada pesawat tersebut, hal ini penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia," tuturnya.

 

Diketahui, pesawat milik Ethiopian Airlines yang sedang terbang menuju Nairobi jatuh, Minggu 10 Maret 2019 dini hari. Maskapai itu membawa 149 penumpang dan delapan awak di dalamnya.

 

Ethiopian Airlines memastikan pesawat nahas itu berjenis Boeing 737 MAX 8. Pesawat tersebut sejenis dengan Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.