Menteri Amran: Pertanian RI Sudah Modern
Tuesday, 12 February 2019
Menteri Amran: Pertanian RI Sudah Modern

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menceritakan bahwa sektor pertanian di Indonesia saat ini sudah mulai bertranformasi lebih baik untuk bisa bersaing dengan negara-negara berkembang.

 

"Saat ini, pertanian di Indonesia sudah menggunakan teknologi modern bukan tradisional lagi. Jadi, kita bertani tidak sampai nyentuh tanah, karena sudah ada alatnya dari olah tanah sampai panen," ujarnya, Selasa (12/2/2019).

 

Dia menjelaskan, dengan adanya hal tersebut, generasi milenial pasti akan suka dengan sektor pertanian. Bahkan Kementan ingin menciptakan agar bertani cukup di bawah pohon atau dengan memakai remote saja.

 

"Kita ingin dengan mengunakan teknologi modern ini, petani bisa mengontrol tanah atau sawahnya dari rumah. Yang nantinya tidak ribet seperti dahulu yang masih menggunakan sistem tradisional," tuturnya.

 

Saat ini, lanjut dia, yang masuk ke Politeknik Pertanian sudah hampir 13 ribu orang yang sebelumnya hanya 900 orang dari kuota 1.000. Ini menunjukkan sektor pertanian sangat diminati oleh generasi muda atau milenial.

 

"Ada 400 ribu orang yang ikut pemuda tani Indonesia mereka tertarik. Di mana dulu enggan sekarang sangat menguntungkan, karena ada harapan baru," katanya.