5 Persawahan Terindah di Indonesia, di Flores Mirip Sarang Laba-Laba
Monday, 11 February 2019
5 Persawahan Terindah di Indonesia, di Flores Mirip Sarang Laba-Laba
Keindahan alam persawahan di Pergasingan Lombok (Foto: Instagram)

JAKARTA - Hamparan sawah yang menghijau sudah menjadi pemandangan biasa bagi masyarakat Indonesia. Tetapi jika Anda lebih detail, ada banyak bentuk persawahan di Tanah Air yang terlihat memesona.

 

Berpetak-petak, berundak-undak, hingga ada yang mirip dengan sarang laba-laba. Bahkan, pemerintah daerah ada yang memanfaatkan pemandangan persawahan sebagai objek wisata yang instagramable.

 

Ingin tahu seperti apa keindahan terasering persawahan di Tanah Air? Berikut ini adalah ulasan iNews.id, Senin (11/2/2019).

1. Sawah Tegalalang, Bali

 

Tegalalang merupakan terasering terbaik di Bali. Sawahnya berundak-undak, dengan petak-petak yang bertingkat rapi. Terlihat seperti tangga dengan tanaman padi yang menghijau. Lokasi ini dikenal juga dengan nama Ceking Rice Terrace, karena memang terletak di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

 

2. Bukit Pergasingan, Lombok

 

Bukit Pergasingan ini berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Berada di atas bukit ini, traveler dapat melihat pemandangan kotak-kotak sawah warna-warni. Pemandangan seperti ini pastinya sangat langka. Sawah warna-warni inilah yang membuat Bukit Pergasingan terkenal di dunia pariwisata.

 

3. Sawah Laba-Laba, Flores

 

Salah satu keunikan di Flores yang harus dikunjungi adalah persawahannya yang unik berbentuk jaring laba-laba raksasa atau biasa disebut Spider Rice Field di Persawahan Lingko Lodok, Desa Meler, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores.

 

Keunikan persawahan Lingko ini memiliki titik nol yang berada di tengah-tengah lahan. Polanya dengan menarik garis panjang dari titik tengah yang dalam bahasa Manggarai disebut Lodok hingga ke bidang terluar atau cicing. Filosofinya mengikuti bentuk sarang laba-laba, di mana Lodok bagian yang kecil berada di bagian dalam dan semakin melebar.

 

4. Area Persawahan Lembah Harau, Sumatera Barat

 

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini diapit oleh dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

 

Di tengah-tengah lembah, traveler dapat menikmati hijaunya hamparan sawah. Ini terlihat memesona, karena persawahannya diapit bukit terjal.

 

5. Terasering Panyaweuyan Majalengka

 

Majalengka menjadi salah satu daerah yang memiliki pemandangan persawahan menakjubkan. Salah satunya wisata alam terasering Panyaweuyan Majalengka.

 

Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Tempat ini merupakan perbukitan terjal dengan ketinggian yang bervariatif, mulai 400 mdpl hingga 2.000 mdpl. Dengan kontur tanahnya yang miring hingga mencapai 40 derajat inilah terasering dibuat sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan lahan.

 

Seiring waktu, terwujudlah terasering yang cukup luas dan di manfaatkan masyarakat untuk bertani dan berkebun. Keindahan landscape terasering Majalengka ternyata tidak kalah dengan terasering di luar negeri. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.