CES 2019 Paparkan Teknologi Transformatif
Friday, 11 January 2019
CES 2019 Paparkan Teknologi Transformatif

Las Vegas, Nevada - CES 2019 yang baru saja dibuka, Selasa (8/1/2019), memaparkan inovasi-inovasi teknologi transformatif terbaru yang akan merubah tatanan industri meningkatkan kualitas hidup manusia dan memecahkan beberapa masalah global yang paling mendesak saat ini. Acara teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia ini menghadirkan sekitar 4.500 perusahaan, termasuk rekor partisipasi dari 1.200+ startup, lebih dari 20.000 produk yang diluncurkan selama pameran berlangsung. Dimiliki dan diorganisir oleh the Consumer Technology Association (CTA), CES 2019 akan berlangsung hingga akhir minggu ini di Las Vegas, Nevada.

Presiden dan CEO, CTA Gary Shapiro menjelaskan, "CES mewujudkan semangat inovatif yang mendefinisikan industri teknologi konsumen - dan produk serta layanan yang diluncurkan di sini minggu ini akan memberdayakan warga di seluruh dunia dan mengubah dunia kita menjadi lebih baik. Seluruh ekosistem teknologi terbaru hadir di CES 2019, termasuk teknologi 5G, kecerdasan buatan, augmented reality dan virtual, kota pintar, teknologi olahraga, teknologi video 8K, robotik, dan masih banyak lagi. Dengan adanya peserta mulai dari industri besar hingga menengah dan startup di pameran, CES 2019 benar-benar merupakan pusat inovasi dunia."

Sesi awal CES dibuka sejak awal minggu dengan paparan khusus bagi media (Media Days), CES Unveiled dan keynote dari LG. 

Presiden dan CTO, LG Electronics, Dr. I.P. Park, menjadi pembicara pertama CES 2019 tentang visi menciptakan dunia yang terhubung, lewat teknologi kecerdasan buatan yang intuitif sehingga memberikan pengalaman pelanggan yang tak tertandingi di semua aspek kehidupan. Park berbagi panggung dengan beberapa eksekutif puncak lain yang akan bermitra dengan LG, menampilkan untuk pertama kalinya robot hadir sebagai salah satu pembicara - LG CLOi Guide Bot - di panggung CES. Platform ThinQ AI LG akan mendorong masa depan perusahaan dengan penerapanplatform tersebut pada berbagai aspek kehidupan seperti kendaraan otomatis tanpa pengendara, rumah pintar, kota pintar dan robotik - semuanya akan terwujud dengan aliansi strategis antara LG dengan para penyedia teknologi, seperti webOS, Luxoft dan lain sebagainya. “Visi kami di era kecerdasan buatan yang akan datang adalah menjadi inovator gaya hidup yang melayani cara hidup yang benar-benar berbeda,” kata Dr. Park.

Steve Koenig, Ben Arnold dan Lesley Rohrbaugh dari CTA memaparkan 2019 Tech Trends to Watch dan memberikan tinjauan eksklusif tentang laporan January U.S. Consumer Technology Sales & Forecasts. Kecerdasan buatan dan teknologi terhubung mendorong perkembangan industri teknologi konsumen AS hingga memecahkan rekor diperkirakan mencapai $389 miliar. Teknologi yang terus tumbuh seperti teknologi pengeras suara pintar, perangkat rumah serba otomatis, wireless earbudssmartwatch dandrone diperkirakan akan semakin populer sementara teknologi terobosan seperti 5G dan TV UHD 8K siap beredar di pasaran. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi CTA.tech/SalesandForecasts.

Acara CES Unveiled menjadi yang terbesar dalam sejarah pameran, dengan rekor 230 perusahaan berpartisipasi termasuk 94startup dari Eureka Park, simpul startup di CES 2019. Lebih dari 1.700 media berkumpul di CES Unveiled untuk melihat berbagai inovasi yang memulai debutnya minggu ini, termasuk diantaranya cermin pintar; sleep tracking headsets; 3D Hologram; pompa ASI pintar; sistem cerdas untuk melacak jadwal harian anggota keluarga; dan headphone dengan teknologi smart sound. Silakan klik tautan berikut di sini untuk informasi selengkapnya.

Sementara itu CES Media Days menampilkan serangkaian acara khusus untuk media selama dua hari berturut-turut yang diadakan oleh para partisipan CES, baik dari merek-merek besar maupun startup. Tiga puluh perusahaan mengumumkan inovasi produk, termasuk:

  • Bell – Prototipe “Bell Nexus Urban Air Mobility” –The Bell Nexis Air Taxis, yang menggabungkan perjalanan udara cepat dangan pengalaman unik dalam penerbangan.
  • Bosch – Mengumumkan kampanye “Like a Bosch”untuk produk dan inisiatif terkait  Internet of Things(Iot), seperti kamera internal di dalam lemari es; proyektor PAI yang mengubah meja menjadi layar sentuh; dan mesin pemotong rumput robot Indego, yang dapat memotong rumput tanpa dioperasikan manusia.          
  • BrainCo – Headband Focus1, yang menyediakan data informasi respon otak dalam format kuantitatif seketika atas segala kegiatan yang dilakukan pengguna untuk memahami lebih detil apa saja yang menarik bagi pengguna dan bagaimana cara terbaik menyimpan informasi.
  • BYTON – Meningkatkan kendaraan listrik M-Byte SUV, dengan tampilan antar muka baru, yang berpusat di sekitar dasbor dengan layar 48 inci dengan resolusi tinggi.
  • Continental – Memperkenalkan konsep “Continental Urban Mobility Experience” (CUBE), yang memanfaatkan kendaraan tanpa pengemudi untuk membawa dan menggunakan “cascading robots” dalam mengirimkan dan mendistribusikan barang langsung ke konsumen.
  • Faurecia – Memamerkan ekosistemnya dari teknologi otomotif tanpa batas untuk masa depan termasuk kecerdasan buatan, mengatur kualitas udara yang lebih baik, suara yang mendalam serta pengaturan intuitif.
  • Hisense – 108 Inci TriChroma Laser TV, televisi generasi selanjutnya dengan warna, kontras, kecerahan, serta fluiditas gerak yang telah diperbarui.
  • Hyundai – STYLE SET FREE, model mobil dengan aksesoris yang telah diperbarui untuk menyesuaikan pengalaman berkendara, serta model berbasis langganan yang ditawarkan kepada mereka yang ingin menjadi “anggota” Hyundai dan bukan hanya pemilik kendaraan saja.
  • iFLYTEK – Perekam seukuran saku, yang menyediakan transkripsi akurasi tinggi.
  • Impossible Foods – Impossible Burger 2.0, daging pengganti dengan bahan nabati yang memiliki rasa seperti daging asli.
  • Intel – generasi ke-9 prosesor Core.
  • LG – Signature OLED TV R, dengan fitur layar yang dapat digulung dan dikeluarkan dari dasarsoundbar,serta juga dapat memutar musik di “Zero View”.
  • Monster – Headphone ANC, menyajikan kualitas suara terbaik, dengan teknologi peredam bising dan fitur “Find My Headphone”, didukung oleh Tile.
  • Nextbase – Series 2 dari teknologi kamera dasborAlexa-enabled, dengan lensa fisheye 140 derajat dan beresolusi 4K, dapat menyimpan hasil ke dalam kartu SD pada awal kontak, dan secara otomatis mengirim data langsung ke telepon pengguna.
  • Panasonic – Lumix G Series, kamera full-frame mirrorless pertama.
  • Procter & Gamble – Sistem perawatan kulit Opté Precision, yang memindai, mendeteksi, dan memperbaiki hiperpigmentasi.
  • Qualcomm – Mobile Platform Snapdragon 855,platform mobile 5G komersial pertama, yang dirancang untuk mengaktifkan gelombang perangkat 5G.
  • Royole – Flexpai, telepon pintar dan tablet yang fleksibel, dengan layar ultra tipis 7.88 mm, ringan, dan layar yang cerah.
  • Samsung – Samsung 98-inch QLED 8K TV, tersedia dalam ukuran 65, 75, 82 dan 85-inci.
  • Schaeffler – Bio Hybrid, sepeda listrik re-imajinasi bebas emisi
  • Sony – Venice, kamera full-frame mirrorless yang digunakan oleh Sony Pictures Entertainment.
  • Taiwan Excellence – Face Me, mesin pengenalan wajah dengan kecerdasan buatan dengan akurasi 98.4 persen, dan teknologi SmarteShop dengan mesin rekomendasi yang mengintegrasikan tampilan ritelonline dan offline.
  • TCL – 6 series TV 75 inci, dengan harga ritel di bawah $1.800.
  • Torc Robotics – Mengumumkan kerja sama dengan Transdev, untuk memperkenalkan i-Cristal – Level 4 SAE (sepenuhnya otomatis di beberapa bagian) – kendaraan yang beroperasi tanpa pedal dan kemudi – untuk tujuan komersial.
  • Toyota – Guardian, platform kesehatan otonom dengan kendali manusia dan menawarkan penghindaran kecelakaan dalam situasi yang berada di luar kendali pengemudi.
  • Valeo – Memperkenalkan sensor Valeo LiDAR generasi berikutnya.
  • ZF – ZF Pro Al Robo Think, komputer canggih otomotif yang memungkinkan kendaraan self-driving dari SAE kategori level 4 ke atas.

Kunjungi CTA.tech/CESLiveUpdates untuk mendapatkan berita terkini dari CES 2019 – termasuk pembicara, acara, pengumuman produk dan peta lokasi acara. Unduh CES b-roll untuk melihat gambar beresolusi tinggi di sini. Untuk berita terbaru, silakan kunjungi CES.tech.

Silakan kunjungi halaman pembicara utama di sini, untuk melihat 1.100 visioner industri yang akan meramaikan event CES 2019.

Aplikasi CES menyediakan semua yang anda butuhkan terkait CES 2019. Unduh aplikasi CES 2019 dengan kata kunci “CES 2019” diapp store anda atau kunjungi CES.tech/CESApp.

*  *  *

Tentang CES 

CES® merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dunia yang berhasil di bisnis teknolgi konsumen. CES telah dikenal sebagai ajang pembuktian tahap global bagi para inovator dan teknologi terobosan selama 50 tahun, di mana inovasi-inovasi generasi selanjutnya diperkenalkan ke pasar. Sebagai acara berpengalaman terbesar di kelasnya, CES menampilkan semua aspek dari industrinya. Dimiliki dan diproduksi oleh Consumer Technology Association (CTA)TM , CES menarik perhatian para pemimpin bisnis dan pemikir perintis dunia. Simak CES video highlights. Ikuti perkembangan CES secara online diCES.tech dan media sosial.

Tentang Consumer Technology Association:

Consumer Technology Association (CTA)™ adalah asosiasi perdagangan yang mewakili US$377 industri teknologi konsumen di Amerika Serikat, yang mendukung lebih dari 15 juta lapangan pekerjaan di Amerika Serikat. Lebih dari 2,200 perusahaan – 80% merupakan usaha kecil dan bisnis start-up; lainnya adalah merek yang sudah dikenal di dunia – menikmati berbagai manfaat keangggotaan CTA termasuk advokasi kebijakan, riset pasar, pendidikan teknik, promosi industri, pengembangan standar serta pembinaan hubungan bisnis dan strategis. CTA juga dimiliki dan diproduksi oleh CES® – tempat berkumpulnya masyarakat dunia yang berhasil di bisnis teknolgi konsumen. Keuntungan yang diperoleh dari penyelenggaraan CES diinvestasikan kembali untuk layanan industri CTA.

CES Asia 2019 akan berlanjut pada 11-13 Juni 2019, Shanghai, Tiongkok.

# # #