Dampak Angin Puting Beliung Jombang, Ayam Siap Panen Mati
Tuesday, 08 January 2019
Dampak Angin Puting Beliung Jombang, Ayam Siap Panen Mati

JOMBANG - Ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung. Tak hanya rumah saja, dua kandang peternakan ayam juga roboh total dan rata dengan tanah akibat tersapu angin. Ribuan ekor ayam yang sudah siap panen mati.



Di Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, misalnya, dua kandang peternakan ayam milik warga luluh lantak dan rata dengan tanah. Lebih dari 5.000 ekor ayam pedaging yang sudah siap panen mati. Bahkan, salah satu pemilik peternakan, Nursalim juga ikut jatuh dan tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. 



Nursalim menjelaskan, awalnya dia sedang bekerja memberi makan ayam-ayamnya. Tanpa diduga, dari arah timur datang angin yang berputar-putar dan langsung menerjang kandang ayam miliknya. Seketika, kandang ayam itu hancur dan Nursalim ikut tertimbun reruntuhan bangunan.




“Waktu itu saya lihat ada angin putar-putar gitu dan langsung ambruk kandang ayam saya ini. Saya ikut tertimpa kandang yang ambruk tapi Alhamdulillah tidak sampai kena material yang keras,” katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (8/1/2019). 



Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.



selain di Kecamatan Ngoro, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, angin puting beliung juga menerjang pemukiman warga di dua kecamatan lainnya, diantaranya adalah di Kecamatan Kota Jombang dan Kecamatan Ploso. Warga berharap pemerintah mau membantu memperbaiki rumah dan tempat usaha mereka yang hancur.

 

 

Editor : Himas Puspito Putra

Source : iNews