ESCAPE ROOM: Find the Clues or Die
Monday, 07 January 2019
ESCAPE ROOM: Find the Clues or Die

Anda pernah bermain escape room? Bukan rumah hantu. Escape room adalah wahana permainan yang mengunci sekelompok pemainnya di ruangan demi ruangan. Cara keluarnya hanya dengan mempelajari petunjuk dalam kerjasama dengan sesama pemain. 

 

Ketegangan bermain escape room pernah dirasakan produser thriller "Escape Room" Ori Marmur bersama keluarganya. Ori pun melihat potensi untuk mengangkatnya ke layar lebar. Apalagi, permainan tersebut sudah mulai digemari anak muda di seluruh dunia. 

 

“Saya pikir escape room merupakan pengalaman yang sangat mendalam dan luar biasa menyenangkan, semacam board-game hidup,” katanya.  

 

Sutradara Adam Robitel pun menyukai ide tentang escape room. Menurutnya, escape room yang bagus sebenarnya sangat dekat dengan dunia sinema. 

 

Robitel menjelaskan, "Anda bisa masuk ke bunker perang yang sangat dingin, mencari file-file CIA, lalu tiba-tiba menekan tombol, muncul proyekter menyala, kemudian anda melihat peta." Menurutnya, ruangan-ruangan tersebut didesain dalam seni yang sangat baik, sehingga menarik perhatian Robitel secara visual.

 

Bedanya, escape room versi film dibuat dengan cerita berbahaya. Peraturannya, saat durasi permainan habis, artinya pemain yang gagal, harus mati. 



ESCAPE ROOM adalah thriller psikologis tentang enam orang tak saling kenal yang dikirim untuk datang ke sebuah tempat demi mendapatkan uang banyak. Namun keadaan berlangsung di luar kendali, mereka harus menggunakan akal untuk menemukan petunjuk atau mati.

 

Berbagai kejadian terjadi di ruangan permainan asah otak (escape room). Mereka harus bisa menemukan satu pintu dan terkunci. Untuk bisa keluar menyelamatkan diri, mereka mencari cara memecahkan teka–teki yang sulit dipecahkan dalam urutan yang benar dalam waktu satu jam. Jika tak berhasil, ya terima konsekuensinya.

 

Berbeda dengan horor biasa, ESCAPE ROOM menguji seberapa kecerdasan pemainnya untuk bisa memecahkan kode, teka–teki, dan membuka kunci tersembunyi dengan secepat mungkin. Setiap ruangan memiliki rahasia dengan para pemain untuk menyatukan berbagai pengalaman yang menyenangkan, membangun tim, dan mengetahui sifat manusia bersenang–senang, serta melarikan diri dari kenyataan.

 

Perjalanan dimulai di ruang tunggu, di mana sekelompok orang yang tak pernah saling bertemu, berkumpul. Zoey, Ben, Amanda, Jason, Mike, dan Danny memulai permainan ini. Bertemu di sana, mereka tidak tahu telah memasuki ruangan khusus, dan terlibat dalam permainan. Setiap ruangan tanpa jendela, hanya satu pintu siap menguji pemainnya, menggunakan akal mereka untuk bertahan hidup atau mati.

 

Dengan setting menarik dan efek visual meyakinkan, Produser Ori Marmur menjanjikan pengalaman cerita yang sangat mirip saat bermain escape room di kehidupan nyata. "Penonton dapat merasa seperti mereka berada di dalam film, dan mencari tahu teka-teki bersama para aktor dan aktrisnya," terang Marmur. 

 

"Escape Room" membawa pengalaman seru dan menegangkan di setiap adegannya. Tanpa momen membosankan, bersiap-siaplah untuk ikut memecahkan kode, khususnya di ruangan yang punya daya tarik masing-masing, lengkap dengan perangkapnya.

 

Selain itu, anda yang belum pernah bermain 'escape room' akan tergoda untuk mengajak teman-teman, yang akalnya baik, sesudah menyaksikan thriller ini di bioskop.

 

Mulai tayang di bioskop Indonesia pada 11 Januari 2019

Produser: Neal H. Moritz, Ori Marmur

Sutradara: Adam Robitel (Insidious: The Last Key)

Pemeran: Taylor Russell, Logan Miller, Deborah Ann Woll, Tyler Labine, Jay Ellis, Nik Dodani

Distributor: Sony Pictures Indonesia

Durasi: 1 jam 49 menit

(MEP)