Kebakaran Kios di Gondomanan, Kerugian Taksir 1 Miliar
Monday, 07 January 2019
Kebakaran Kios di Gondomanan, Kerugian Taksir 1 Miliar

YOGYAKARTA – Musibah kebakaran yang melanda 35 kios di area parkir Jalan Panembahan Senopati, Gondomanan, Yogyakarta, Minggu (6/1/2019) malam tadi masih diselidiki aparat kepolisian. Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik. Akibat peristiwa ini, total kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.



"Kami masih lakukan penyelidikan, tetapi dugaan awal korsleting listrik," ujar Kapolsek Gondomanan, Kompol I Nengah Lotama, Senin (7/1/2019) siang.



Sebanyak 35 kios yang terbakar yang hanya seratus meter dari titik nol kilometer Yogyakarta ini, mayoritas merupakan kios pakaian. Selain itu, satu mobil Toyota Innova dan satu sepeda motor ikut terbakar.



Musibah kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Lokasinya tepat di seberang Taman Pintar Yogyakarta. Api dengan cepat membesar dan membakar kios-kios yang ada di lokasi. Api baru bisa dipadamkan selang satu jam kemudian, setelah lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.



"Begitu ada laporan kami langsung ke lokasi kejadian dan masih kami pasang garis polisi untuk penyelidikan," ujar Nengah Lotama.



Dari keterangan saksi dan korban diperkirakan kerugian mencapai lebih dari Rp.1 miliar. Rinciannya unuk kios dan barang dagangan sekitar Rp900 juta, mobil Rp125 juta dan sepeda motor Vario Rp12 juta. "Tidak ada korban jiwa, saat kejadian kios dalam keadaan kosong," ucapnya.



Kebakaran seperti ini kerap terjadi di Yogyakarta dalam beberapa waktu terakhir. Data dari Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta menyebut, dalam setahun rata-rata terjadi 60 kali kasus kebakaran di seantero wilayah Yogyakarta.

 

 

Editor : Himas Puspito Putra

Source : iNews