Kemendag Urus Izin Impor Jagung Tahun Ini
Monday, 07 January 2019
Kemendag Urus Izin Impor Jagung Tahun Ini

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah mengurus izin impor jagung tambahan sebanyak 30.000 ton tahun ini. Saat ini, pengurusan izin tinggal menanti restu Menteri BUMN, Rini Soemarno.

 

"Ini sedang berproses, kan Bulog baru bisa impor kalau sudah ada penugasan dari Menteri BUMN. Jadi sedang diusulkan untuk penugasan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Oke Nurwan di kantornya, Jakarta, Senin (7/1/2019).

 

Oke mengatakan, keputusan impor jagung tambahan sudah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Pasalnya, impor jagung yang diajukan sebelumnya 100.000 ton masih kurang.

 

"Sudah, itu perintah rakor. Menurut rakortas harus tambah. Perkiraan angka kebutuhan tambahannya 30.000 ton," ucapnya.

 

Impor jagung tambahan tersebut sebelumnya diperkirakan masuk Februari 2019. Oke menyebut, seluruh impor jagung tambahan tuntas pada Maret 2019."Itu sampai Maret kalau tidak salah," ucapnya.

 

Oke mengatakan, izin impor jagung 100.000 ton sebelumnya sudah direalisasikan oleh Perum Bulog sebanyak 70.000 ton. Sisanya akan dituntaskan sekitar pertengahan bulan ini.

 

Sesuai keputusan rakortas, kata Oke, impor jagung tambahan ini tidak akan mengganggu panen raya petani. Impor tambahan ini dilakukan karena harga jagung tak kunjung turun sehingga membuat peternak unggas mengeluh.

 

 

Editor : Rahmat Fiansyah

Source : iNews