Mahasiswa Universitas Mercubuana Berikan Kelas Radio dalam Program Kuliah Peduli Negeri
Thursday, 03 January 2019
Mahasiswa Universitas Mercubuana Berikan Kelas Radio dalam Program Kuliah Peduli Negeri

BOGOR –  Mahasiswa Universitas Mercu Buana menggelar Kelas Radio dengan tema " A Step to Radio Life". Kegiatan digelar dalam bentuk diskusi dan workshop di studio teater SMK Kosgoro Kota Bogor. 

 

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Nugrahanti Andika Putri mengatakan, tujuan digelarnya kegitan ini adalah agar siswa/siswi SMK Kosgoro mengetahui lebih lengkap dunia broadcasting khususnya mengenai radio. 

 

Kegiatan tersebut menurut mahasiswa jurusan Advertising and digital marketing communication Fakultas ilmu Komunikasi Mercubuana tersebut, merupakan salah satu aplikasi mata kuliah yakni Kuliah Peduli Negeri (KPN).

 

Nugrahanti menambahkan  bahwa strategi yang digunakan dalam memberikan materi A Step to Radio Life adalah memperkenalkan terlebih dahulu mengenai bagaimana bekerja di radio, kemudian apa saja yang para siswa-siswi ketahui terkait radio. Cara lain yaitu langsung memberi materi mulai dari bagaimana produser bekerja hingga bagaimana proses live report berlangsung, yang pada akhirnya akan ada workshop yaitu para siswa langsung praktek menjadi seorang reporter untuk melakukan live report mengenai acara tersebut




“ini kan mereka smk sekolah kejuruan jadi harus siap terjun ke dunia kerja, teori harus diimbangi dengan praktek, jadi apa yang mereka dapatkan ilmu dari guru di aplikasikan langsung caranya bagaimana, agar siap untuk bekerja jika nanti lulus,” tambahnya.


 

Mahasiswa lainnya, Syahril Datau mengatakan, A Step to Radio Life merupakan sharing dan workshop terkait bagaimana membuat sebuah siaran radio yang menarik dan liputan radio yang memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

 

" jadi kan kita semua ini kuliah sambil kerja, nah mayoritas di radio ada Fazri dia reporter Trijaya Fm, kemudia saya di produser Global radio jakarta, ada ada Achmad Reza dia Produser pagi Prambors, Nugrahanti dulu sempet siaran di radio Kisi Fm Bogor, jadi ya sharing lah terkait kerja di radio".

 

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Advertising and Digital Marketing Communication, Universitas Mercu Buana, Berliani Ardha menyatakan, mata kuliah Kuliah Peduli Negeri sudah memasuki semester kedua. Kegiatan utamanya ingin membuat mahasiswa-mahasiswi Universitas Mercu Buana lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Mahasiswa mampu memberikan ilmu kepada sesama. 

 

“Dengan kegiatan ini harapan kedepannya terus berlanjut walaupun saat ini merupakan swadaya atau patungan dari mereka. Ada 6 kelompok yang melakukan atau mengaplikasikan mata kuliah yang mereka dapatkan dengan ide-ide yang mereka kembangkan sendiri. Intinya mereka mengamalkan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah dengan pengembangannya melalui ide-ide menarik dari mereka,” pungkasnya.

 

(FZR)