Pasca Tsunami Selat Sunda, Penurunan Volume Kendaraan Berdampak pada Tol Tangerang-Merak
Wednesday, 02 January 2019
Pasca Tsunami Selat Sunda, Penurunan Volume Kendaraan Berdampak pada Tol Tangerang-Merak

TANGERANG - Peringatan dari sejumlah pihak terkait larangan liburan di sekitar pantai di Selat Sunda pasca adanya tsunami di pantai wilayah barat di Banten, ternyata berdampak pada penurunan volume kendaraan pada Tol Tangerang-Merak.

 

Hal itu berdasarkan data Astra Infra Tol Tangerang-Merak atau PT. Marga Mandalasakti merilis data akhir tahun, pergerakan kendaraan yang melalui Tol Tangerang-Merak pada periode libur natal dan tahun baru.

 

Terdata, pada peak season atau puncak libur natal terdapat 116.318 kendaraan yang melintas dengan dominasi kendaraan pribadi baik arah Merak atau Jakarta.

 

 Jalan Tol Cikupa (Foto: Anggun Tifani/Okezone)

Data tersebut berbanding sekitar lima persen, dengan data puncak libur natal di tahun 2017. Untuk angka di tahun 2017 pergerakan kendaraan di jalur tol tersebut sebanyak 122.287.

 

"Sebetulnya kalau secara keseluruhan tidak berpengaruh secara signifikan tapi, untuk puncaknya memang berpengaruh dengan ada penurunan terutama yang menuju ke destinasi wisata Banten," ujar Presiden Direktur PT. Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono, Rabu, (2/1/2019).

 

Sementara itu, untuk puncak arus balik dari libur natal mengalami peningkatan sebanyak 154.220 kendaraan atau 7,54 persen dibandingkan rata-rata harian.

 

"Kalau arus baliknya meningkat terutama untuk arah Jakarta. Nantinya pun, kita akan bersiap menghadapi arus balik libur tahun baru yang diprediksi naik sekitar enam persen," kata Krist.

 

Untuk menangani antrean panjang di Gerbang Tol (GT), Krist mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 600 personel. Petugasnya tersebut, dijuluki dengan tim Jawara Banten. Nantinya, tim ini akan membantu mengurai antrean dengan sistem jemput bola, atau membawa mobile card reader sebagai alat untuk mempercepat proses transaksi dengan kartu elektronik bila terjadi kepadatan di jalur tol.

 

(rzy)

Source : Okezone.com