Pengungsi Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Pasca Tsunami di Lampung
Wednesday, 02 January 2019
Pengungsi Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Pasca Tsunami di Lampung

LAMPUNG – Ratusan pengungsi korban bencana tsunami di Lampung antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan, Rabu (2/1/2019). Beberapa bahkan menangis saat bertemu dan berdialog dengan Kepala Negara.



Para pengungsi ini merupakan warga tiga desa di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Yakni Desa Kunjir, Way Muli Induk dan Desa Way Muli Timur. Pengungsi dari kalangan orang dewasa dan anak-anak ini bahkan sudah menunggu sejak pagi dan berkumpul di pinggir jalan Desa Way Muli Timur.



"Senang ingin melihat Presiden," kata salah satu pengungsi, Yahya di Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).



Yahya berharap, kedatangan Presiden dapat membantu membangun rumahnya yang telah hancur dihantam gelombang tsunami. "Kami yang sudah tak punya tempat tinggal sama sekali agar bisa dibangunkan rumah kembali," ujarnya.



Dalam peninjauan lokasi terdampak tsunami tersebut, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih, celana jeans dan sepatu sneakers. Usai melihat langsung kondisi di lapangan, Presiden bersama rombongan mengunjungi warga di pengungsian untuk melihat penanganan pascabencana tsunami Selat Sunda.



Presiden Jokowi menyempatkan berdialog dan mendengarkan curahan hati para pengungsi. Tampak juga anggota TNI-Polri serta instansi terkait mengamankan lokasi dalam kunjungan tersebut.



Diketahui, dampak bencana tsunami Selat Sunda tercatat 437 orang meninggal dunia dan 7.202 luka-luka, sedangkan jumlah pengungsi 34.817 orang. Di Provinsi Lampung, beberapa wilayah yang terdampak meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tenggamus dan Kabupaten Pesawaran.

 

 

Editor : Donald Karouw

Source : iNews