Tim SAR Terkendala Dalam Pencarian Korban Longsor di Sukabumi
Wednesday, 02 January 2019
Tim SAR Terkendala Dalam Pencarian Korban Longsor di Sukabumi

BOGOR - Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban longsor di Kampung Garehong, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Petugas pun mengalami kesulitan karena beratnya medan di lokasi longsor.

 

"Lumpurnya tebal, kaki kami tertanam sampai betis. Pijakan tanah sudah menjadi lumpur," kata Kepala Penerangan Korem 061/Suryakencana, Mayor Inf Ratno Sudarmadi, kepada Okezone, Rabu (2/1/2019).

 

Korban Longsor Sukabumi Bertambah Jadi 5 Orang Meninggal

Tidak hanya itu, akses menuju lokasi pun juga terjal. Kerumunan masyarakat di sekitar lokasi longsor juga menjadi permasalahan tim SAR gabungan dalam alur evakuasi korban ke posko yang berjarak 300 meter.

 

"Anggota kami membatasi masyarakat untuk mendekat ke lokasi longsor kendaraan warga yang di parkir sepanjang jalan cukup mengganggu proses evakuasi. Untuk itu, kami batasi akses masyarakat sekitar 5 kilometer dari lokasi," tambahnya.

 

Ia pun mengimbau agar masyarakat atau keluarga korban untuk tidak mendekat ke lokasi dan menunggu di posko untuk mempermudah proses evakuasi.

 

"Nanti jika korban ditemukan akan diidentifikasi dulu oleh tim DVI di posko, baru diserahkan ke keluarga. Doakan saja semua berjalan lancar," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, setelah dilakukan pendataan lagi dengan melibatkan aparat desa dan tokoh masyarakat, dari 30 unit rumah yang tertimbun terdapat 32 kepala keluarga atau 101 jiwa. Sebelumnya dilaporkan 107 jiwa yang tertimbun, namun dikoreksi menjadi 101 jiwa.

 

”Dari 101 jiwa yang tertimbun tercatat 63 orang selamat, 3 orang luka-luka dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu, 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dalam pencarian. Dua alat berat telah disiapkan, namun baru satu alat berat yang dapat masuk ke lokasi longsor,” ujar Sutopo dalam keterangannya, kemarin.

 

(fid)

Source : Okezone.com