Ganjil Genap Diperpanjang, Banyak Pengendara Ngaku Lupa
Wednesday, 02 January 2019
Ganjil Genap Diperpanjang, Banyak Pengendara Ngaku Lupa

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk melanjutkan sistem perluasan ganjil genap di Ibu Kota. Kebijakan pembatasan volume kendaraan berdasarkan pelat nomor itu mulai berlaku Rabu (2/1/2019) hari ini.

 

Dari pantauan iNews, masih banyak pengendara berpelat nomor ganjil melintas di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. Petugas yang berjaga pun langsung menghentikan pelanggar. Rata-rata pengemudi mengaku lupa jika sistem ganjil genap diperpanjang mulai hari ini.

 

“Lupa kalau hari ini ada ganjil genap, soalnya kemarin kan libur panjang, tapi enggak tahu juga diperpanjang hari ini,” kata seorang pengemudi Suminto, Rabu (2/1/2019).

 

Kendati masih ada pengemudi yang tidak sesuai dengan pelat nomor, jumlah pelanggar yang ditilang sedikit. Hal itu lantaran jumlah volume kendaraan yang melintas masih lengang.

 

Selain di Jalan MT Haryono, pantauan lalu lintas ramai lancar terpantau di Simpang Garuda, Jakarta Timur.

 

Diketahui perpanjangan ganjil genap ditandai dengan pendantanganan Peraturan Gubernur (Pegub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta sistem ganjil genap secara reguler dievaluasi setiap tiga bulan.

 

“Bukan aturan yang berlaku tiga bulan, studinya dilakukan tiap tiga bulan,” kata Anies di Monas, Senin (31/12/2018).

 

Perpanjangan perluasan sistem ganjil genap diberlakukan di sembilan ruas jalan, yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jend Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan S Parman (simpang Jalan Tomang Raya-Jalan KS Tubun), Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani. Adapun waktu pemberlakuan pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB.

 

 

Editor : Khoiril Tri Hatnanto

Source : iNews