Most Valued Business (MVB) Indonesia 2018
Friday, 28 December 2018
Most Valued Business (MVB) Indonesia 2018

Jakarta - Most Valued Business (MVB) Indonesia menutup rangkaian program tahun 2018 dengan “Malam Penghargaan MVB Indonesia”, Jumat (14/12/2018) di Dian Ballroom, Raffles Jakarta.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Chairman MVB Indonesia, Alistair Speirs, OBE. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa meskipun Indonesia cenderung bergerak lambat dalam mengambil sikap yang diperlukan demi terciptanya negara yang berkelanjutan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam hal kesadaran yang diharapkan bisa diadopsi menjadi aksi nyata yang dilakukan secara masif. Taklupa, beliau memberikan ucapan selamat kepada semua anggota MVB yang telah menjadi pemimpin yang visioner dalam pergerakan ini.

Sebelum sesi penghargaan kepada anggota MVB, MVB mengumumkan tiga penghargaan spesial yang masing-masing mewakili kategori yang sangat spesifik dalam Prinsip-prinsip MVB:

Penghargaan pertama diberikan kepada PT Jakarta Land yang memenangkan kategori “Most Responsible Company”. Selama tahun 2018, PT Jakarta Land dinilai sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam hal prosedur keamanan dan keselamatan dan kesadaran lingkungan. Selain itu, PT Jakarta Land juga baru saja meluncurkan program daur ulang sampah.

Penghargaan kedua, “MVB Best Sustainability Initiative”, diberikan kepada PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks). Perusahaan yang dipimpin Anthony Cottan ini memiliki program keberlanjutan yang aktif, kuat, dan berkelanjutan dalam hal pembelian kopi serta memiliki praktik bisnis yang luar biasa. Baru-baru ini, Starbucks memperkenalkan kemasan yang mengedepankan keberlanjutan untuk konsumen Indonesia.

“MVB Most Ethical Business Practice” merupakan kategori penghargaan spesial ketiga. PT Asih Eka Abadi (INTERNATIONAL SOS) meraih penghargaan ini atas keputusan perusahaan untuk menggunakan standar yang tinggi dalam hal menciptakan suasana kerja dan nilai-nilai perusahaan yang baik dan menjaga kualitas layanan pelanggan yang baik.

Setelah pengumuman pemenang penghargaan spesial tersebut, berlangsunglah acara yang paling dinantikan: “Malam Penghargaan MVB Indonesia 2018”. Alistair Speirs, OBE memberikan plakat unik kepada 21 perusahaan Anggota MVB yang menandai status mereka sebagai Most Valued Business di Indonesia pada tahun 2018. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah:

1.        PT. BAYER INDONESIA

2.        PT. BROTHER INTERNATIONAL SALES INDONESIA (BROTHER)

3.        PT. COCA-COLA DISTRIBUTION INDONESIA (COCA-COLA AMATIL INDONESIA)

4.        PT. DOULTON

5.        PT. HATTEN BALI (HATTEN WINES)

6.        PT. INDONESIA INTERNATIONAL EXPO (ICE)

7.        PT.  INTERNATIONAL SERVICE PACIFIC CROSS

8.        PT. ASIH EKA ABADI (INTERNATIONAL SOS)

9.        PT. JABABEKA Tbk.

10.     PT. JAKARTA LAND

11.     PT. JAKARTA SETIABUDI INTERNATIONAL Tbk.

12.     PT. LAUTAN LUAS Tbk.

13.     PT. MERCK Tbk.

14.     PT. GRAHA MULTI BINTANG (OLYMPIC FURNITURE)

15.     PT. PANORAMA JTB TOURS INDONESIA

16.     PT. PHAPROS Tbk.

17.     PT. CIPUTRA ADIGRAHA (RAFFLES JAKARTA)

18.     PT. PUTRA MATARAM INDAH WISATA (ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTA)

19.     PT. SARI COFFEE INDONESIA (STARBUCKS)

20.     PT. TAMAN SAFARI INDONESIA

21.     PT. CHAIRUL TANJUNG CORPORA (THE TRANS RESORT BALI)

“Kami bangga menjadi pihak yang menginisiasi suatu hal yang kami yakini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi banyak perusahaan di Indonesia; sebuah program yang didesain untuk membantu mereka yang ingin berkembang, dan memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah mengimplementasikan konsep keberlanjutan secara keseluruhan. Kami mengucapkan selamat kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini. Meski begitu, kami tetap mengundang para pelaku bisnis lain sebanyak mungkin untuk bergabung bersama kami dan bersama-sama membangun masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Alistair Speirs OBE dalam sambutannya selaku Chairman MVB Indonesia.

Acara malam penghargaan tersebut berlangsung sukses berkat kerja sama semua pihak termasuk para sponsor dan Partner MVB 2018, yaitu:

STRATEGIC PARTNERS :

•              IBCSD

•              NCSR

•              INDONESIA ECONOMIC FORUM

KNOWLEDGE PARTNERS :

•              CECT Trisakti

•              BINUS University

•              Towards Sustainable Business

•              Waste4Change

•              PT. PIPA

•              ActionCOACH

•              SANCTUARY

•              Baywa r.e.

•              SGS Indonesia

•              Avani

•              Bravo One

 

SPONSORS :

•              Heineken

•              Hatten Wines

•              Coca-Cola Amatil Indonesia

---

Tentang The World’s Most Valued Business (MVB):

Didirikan di Singapura pada tahun 2015, The World’s Most Valued Business (MVB) merupakan sebuah organisasi independen yang berkomitmen untuk memberdayakan “Keberlanjutan” dan “Praktik Bisnis Terbaik” dengan menekankan, mendorong, dan mempublikasikan perusahaan-perusahaan yang berusaha dengan tulus untuk melakukan hal yang benar. MVB berperan sebagai sebuah sarana bagi perusahaan yang memiliki rasa tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika dalam berbisnis untuk menyampaikan pesan tersebut kepada audiens masing-masing dan menjadi sebuah forum bertukar informasi dan ide antara anggota MVB. Selain itu, MVB juga memfasilitasi gagasan terkait keberlanjutan yang dicetuskan anggota MVB untuk membantu kelompok masyarakat yang kurang beruntung. Untuk menjadi bagian dari MVB, perusahaan harus menunjukkan standar tertinggi dalam tujuh nilai tambah utama, yaitu: Keberlanjutan, Praktik Bisnis yang Paling Mungkin Dijalankan, Dunia Kerja yang Etis, Keselamatan dan Keamanan, Pelayanan dan Penghormatan terhadap Pelanggan, Lingkungan Hidup yang Bersahabat, dan Nilai Tambah Perusahaan. Di Indonesia, MVB direpresentasikan oleh PT. Phoenix Communications sejak 2015.

(*)