Area KEK Tanjung Lesung yang Rusak Akibat Tsunami Sekitar 8 Hektare
Thursday, 27 December 2018
Area KEK Tanjung Lesung yang Rusak Akibat Tsunami Sekitar 8 Hektare

JAKARTA, - Sebagian fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung rusak parah akibat diterjang tsunami. Area yang terdampak diperkirakan sekitar 8 hektare (Ha).

Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto mengatakan, tsunami hanya merusak sebagian kecil dari area yang sudah dibangun oleh pengelola KEK. Saat tsunami terjadi, area yang sudah dibangun mencapai 154 Ha.

"Jadi kan dari 1.500 Ha KEK itu yang sudah terbangun sekitar 154 Ha. Dari 154 Ha itu, ada mungkin sekitar 8 Ha terkena dampak tsunami, kata Enoh, dikutip Kamis (27/12/2018).

Enoh menyebut, sejumlah fasilitas di KEK yang rusak yaitu hotel, beach club, dan lagoon. Perbaikan fasilitas tersebut akan dikerjakan oleh PT Kawasan Industri Jababeka selaku pengelola KEK Tanjung Lesung.

"Itu merupakan tanggung jawab pengelola sendiri sebenarnya. Walaupun demikian, biasanya kalau perusahaan-perusahaan besar seperti itu, diasuransikan pasti," ujar dia.

Meski begitu, Enoh mengatakan, pemerintah tidak lepas tangan. Pasalnya, pemerintah bertanggung jawab memastikan infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, dan air berfungsi normal. Selain itu, sistem mitigasi bencana juga diperbaiki.

"Walaupun sudah dilakukan sebenarnya, pembangunan jalan, evakuasi, tempat evakuasinya, kemudian early warning sistemnya harus terbangun. Early warning sistem itu kan tanggung jawab pemerintah," ujar Enoh.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution yakin pengelola KEK Tanjung Lesung tidak dirugikan akibat tsunami. Pasalnya, seluruh fasilitas dijamin asuransi.

"Pasti ada penggantian asuransi. Aneh kalau tidak ada, usaha itu pasti ada, apalagi KEK," kata Menko Darmin.

Komisaris Utama Jababeka, Setyono Djuandi Darmono sebelumnya memperkirakan nilai kerusakan KEK Tanjung Lesung akibat tsunami mencapai Rp150 miliar. Dia memastikan kerusakan tersebut sudah ditanggung asuransi.

 

 

Source: iNews.id